logo


Waspada, BMKG Prediksi Terjadi Hujan Intensitas Sedang-Tinggi di Indonesia 3 Hari ke Depan

BMKG memprediksi adanya potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi di hampir seluruh wilayah Indonesia

27 September 2020 13:38 WIB

Ilustrasi Petir
Ilustrasi Petir Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi jika sebagian wilayah Indonesia dalam tiga hari mendatang kemungkinan akan mengalami hujan dengan intensitas yang cukup bervariasi, mulai sedang hingga lebat.

"Berdasarkan fenomena atmosfer yang dipantau BMKG, dalam periode tiga hari ke depan diprediksikan hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulisnya dikutip dari Antaranews pada Minggu (27/9).

Menurut BMKG, potensi hujan sedang hingga tinggi terjadi di hampir semua wilayah Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua, meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.


Viral Dentuman Misterius di Jateng, BMKG Beri Penjelasan: Bukan dari Gempa

BMKG menjelaskan bahwa potensi terjadinya hujan tersebut diakibatkan adanya aktivitas gelombang atmosfer yang disebut dengan Rossby Ekuatorial. Fenomena tersebut adalah sebuah fenomena pergerakan sistem konvektivitas udara di atmosfer yang bergerak ke arah barat dan melewati wilayah Indonesia, serta adanya fenomena Madden Jullian Oscillation atau pergerakan sistem konvektivitas udara di atmosfer yang bergerak ke arah timur diatas wilayah Indonesia.

Kedua fenomena tersebut membuat massa udara basah mengalami peningkatan sehingga membentuk kumpulan awan hujan dalam beberapa hari ke depan.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya perubahan cuaca ekstrem yang memicu terjadinya puting beliung, hujan badai atau bahkan hujan es yang berpotensi mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor.

Musim Panas (Mungkin) Bisa Tekan Laju Penyebaran Virus Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia