logo


Kepala Kanwil DJP Jateng II: Selebgram Bukan Berarti Tak Kena Pajak

Semua aspek yang dilakukan Selebgram itu ada pajaknya.

26 September 2020 14:21 WIB

Kepala Kanwil DJP Jateng II Rudy Bastari
Kepala Kanwil DJP Jateng II Rudy Bastari jatimtimes

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Penghasilan seorang Selebgram ternyata tidak dapat terbilang kecil. Influencer sekaligus dokter, Tirta Mandira, mengungkapkan bahwa tarif endorse para selebgram Tanah Air bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Ia lantas mempertanyakan pengenaan pajak bagi selebgram maupun youtuber yang meraup penghasilan besar dalam satu bulannya.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II, Rudy Gunawan Bastari menjelaskan bahwa semua aspek yang dilakukan oleh selebgram itu sebenarnya ada pajaknya. Hal itu disampaikan dalam bincang santai di Cloteh 180 Collaborative Podcast - Episode 5 by Kanwil DJP Jawa Tengah II.


Tante Ernie Pamer Momen Bersepeda, Netizen: Mahluk Tuhan Paling Seksi

“Selebgram itu bukan berarti tidak kena pajak. Semua aspek yang dia lakukan itu ada pajaknya. Yang terima endorse, ada penghasilannya ada mekanisme pemungutannya,” kata Rudy.

Rudy menambahkan, Kantor DJP Jawa Tengah II sendiri mempunyai program Collaborative Compliance, yakni mengajak kolaborasi semua elemen wajib pajak agar dapat menjalankan kepatuhan formal seperti menyampaikan laporan SPT tepat waktu.

Terkait pajak selebgram, Rudy mengatakan semua yang memiliki unsur online sebenarnya lebih mudah dideteksi. Namun, pihaknya menekankan pada peningkatan kesadaran bayar pajak.

“Sebenarnya bisa dideteksi, cuma kita mau tingkatkan kesadarannya. Kita punya slogan ‘Pajak Kita untuk Kita’. Jadi semua yang kita bayar akan kembali kepada kita semua,” tukasnya.

Kini, Bayar Uji KIR di Majalengka Bisa Lewat bank bjb

Halaman: 
Penulis : Iskandar