logo


Sekjend PBB Sebut Dunia Telah Gagal Menangani Pandemi Covid-19

Antonio Guterres menilai negara-negara di dunia telah gagal dalam menangani pandemi Covid-19

25 September 2020 19:07 WIB

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres REQnews

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Dalam sebuah pertemuan Dewan Keamanan PBB yang digelar secara online pada Kamis (24/9) Sekertaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengaku khawatir dunia akan mengalami hal terburuk jika negara-negara di dunia menangani masalah perubahan iklim yang terjadi belakangan ini seperti mereka memperlakukan wabah Covid-19.

Ia mengatakan wabah Covid-19 saat ini semakin tidak terkendali dimana jumlah kematian akibat penyakit tersebut telah mencapai 1 juta dan lebih dari 30 juta orang di seluruh dunia telah terinfeksi. Ia menilai hal itu terjadi karena tidak ada persiapan, kerja sama, kesatuan dan solidaritas global.

"Pandemi ini jelas sebuah ujian terhadap kerja sama internasional, sebuah tes yang yang secara esensial kita telah gagal," kata Guterres kepada 15 perwakilan negara Dewan Keamanan PBB, dikutip dari CNA pada Jumat (25/9).


Facebook Hapus Jaringan Akun Rusia yang Berusaha Kacaukan Pemilu AS

Dalam pertemuan tingkat tinggi tersebut, Rusia dan China melontarkan 'serangan' kepada Amerika Serikat terkait penanganan Covid-19.

"Kami melihat upaya dari sebuah negara tertentu untuk memanfaatkan situasi terkini untuk kepentingan sempit mereka, guna menyerang pemerintahan (negara) yang tidak mereka inginkan atau kompetitor geo-politik mereka," kata Menlu Rusia Sergey Lavrov.

Pernyataan Lavrov tersebut membuat berang Kelly Craft, Dubes AS untuk PBB.

"Saya sebenarnya sangat malu dengan Dewan ini, anggota-anggota dewan yang mengambil kesempatan ini untuk lebih fokus pada dendam-dendam politik ketimbang masalah kritis yang saat ini ada," tambahnya.

Serang AS dalam Pertemuan PBB, China: Sudah Cukup!

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia