logo


Prabowo Tunjuk Eks Anggota Mawar Jadi Anak Buahnya, Amnesty Sebut Jokowi Langgar Janji

Jokowi dinilai melanggar komitmen penegakan HAM

25 September 2020 18:26 WIB

Usman Hamid
Usman Hamid cnn

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto telah menunjuk eks Anggota Mawar menjadi anak buahnya. Mereka adalah Brigjen TNI Yulius Selvanus yang ditunjuk sebagai Kepala Badan Instalasi Strategis Pertahanan Kemhan dan Brigadir Jenderal TNI Dadang Hendrayudha yang ditunjuk sebagai Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid menilai Presiden Joko Widodo telah melanggar janji tehadap komitmen penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Pasalnya, Jokowi telah menyetujui masuknya eks anggota mawar di lingkungan Kementerian Pertahanan.

"Dengan langkah Menhan tersebut, maka Presiden Jokowi dan DPR RI akan semakin dinilai melanggar janjinya, terutama dalam mengusut kasus penculikan aktivis dan penghilangan paksa serta pelanggaran HAM masa lalu di negara ini," kata Usman dalam siaran persnya, Jumat (25/9/2020).


Crist: Jokowi Tugaskan Rivalnya yang Capres Tanam Singkong, Cawapres Sebagai Tim Sukses bagi Mantunya

Usman menilai Jokowi telah melakukan penghinaan terhadap hak asasi manusia. Menurutnya, eks Anggota Mawar tidak pantas mengisi jabatan strategis di pemerintahan.

"Mereka yang terlibat pelanggaran HAM seharusnya tidak diberikan posisi komando di militer maupun jabatan strategis dan struktural di pemerintahan," ujarnya.

Diketahui, Tim Mawar merupakan tim yang dibentuk pada tahun 1997. Mereka ditugaskan untuk menculik para aktivis prodemokrasi menjelang kejatuhan rezim militer Soeharto.

Ada Pelanggaran HAM, AS Lagi-lagi Jatuhkan Sanksi kepada Iran

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati