logo


Serang AS dalam Pertemuan PBB, China: Sudah Cukup!

Dubes China untuk PBB mengatakan bahwa AS telah banyak membuat masalah untuk dunia internasional

25 September 2020 18:06 WIB

AS-China
AS-China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - China pada Kamis (24/9) melancarkan serangan balik kepada AS mengenai kritikan mereka terkait wabah virus Corona Covid-19 dalam pertemuan tingkat tinggi PBB.

"Harus saya katakan, sudah cukup! (Negara) anda telah cukup banyak membuat masalah untuk dunia," kata Zhang Jun, Dubes China untuk PBB, dalam sebuah pertemuan di Dewan Keamanan PBB yang digelar secara online.

"AS memiliki hampir 7 juta kasus (Covid-19) terkonfirmasi dan lebih dari 200 ribu kematian saat ini. Dengan teknologi medis yang paling maju di dunia, mengapa AS berubah menjadi (negara) dengan jumlah kasus dan kematian tertinggi?" tanyanya.


Oposisi Hong Kong Minta 12 Aktivis Pro-Demokrasi yang Ditahan China Segera Dibebaskan

"Jika ada seseorang yang harus bertanggung jawab, maka itu seharusnya adalah sejumlah politisi AS sendiri," tambahnya.

Dengan menggunakan kalimat yang sering diucapkan oleh Donald Trump kepada China, Zhang mengatakan "AS harusnya memahami bahwa sebuah negara kuat harus bertingkah seperti sebuah negara kuat."

Sebelum Zhang menyampaikan pernyataan-pernyataan tersebut, perwakilan AS untuk PBB Kelly Craft dalam sesi sebelumnya meluapkan kemarahannya.

"Anda tahu, seharusnya setiap dari kalian malu...Saya merasa jijik dengan konten diskusi kita hari ini," kata Craft.

"Saya sebenarnya sangat malu dengan Dewan ini, anggota-anggota dewan yang mengambil kesempatan ini untuk lebih fokus pada dendam-dendam politik ketimbang masalah kritis yang saat ini ada," tambahnya.

Facebook Hapus Jaringan Akun Rusia yang Berusaha Kacaukan Pemilu AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia