logo


Laju Kasus Covid-19 Belum Bisa Ditekan, DPR Pertanyakan Kinerja Luhut Pandjaitan

Luhut dipercaya Jokowi untuk menekan laju pertambahan kasus di sembilan provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak.

25 September 2020 05:15 WIB

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman (Menko Kemaritiman), Luhut Binsar Pandjaitan.
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman (Menko Kemaritiman), Luhut Binsar Pandjaitan. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Anggota Komisi IX Netty Prasetiyani mendesak Pemerintah Pusat untuk turun tangan membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menangani pandemi virus corona atau Covid-19. Hal itu menyusul penambahan kasus harian nyaris di atas 4.000 kasus sepanjang September.

Per Kamis (25/9), kasus positif Covid-19 bertambah sebanyak 4.634 orang. Total kasus mencapai 262.022 orang. Dari jumlah total kasus, sebanyak 191.853 orang dinyatakan sembuh dan 10.105 orang meninggal dunia.

“Pemerintah Pusat harus turun tangan membantu DKI, jangan hanya berkomentar, bantu atasi kurangnya fasilitas kesehatan baik berupa ambulance, ruang isolasi, tenaga kesehatan hingga ketersediaan alat dan bahan,” kata Netty, seperti dilansir dari PojokSatu.id, Jumat (25/9).


CDC Sebut Lebih dari 90 Persen Masyarakat AS Tak Kebal dari Covid-19

Politisi PKS itu lantas mempertanyakan kinerja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang ditunjuk sebagai penanggungjawab sembilan provinsi dalam menekan laju pertambahan kasus Covid-19.

“Apa langkah yang sudah diambil Menko Kemaritiman dan Investasi selaku penanggungjawab sembilan provinsi dalam menekan pertumbuhan kasus?” ujarnya.

Menurut Netty, Pemerintah Pusat saat ini perlu melakukan langkah konkret untuk mendukung penanganan Covid-19 di Ibu Kota. Ia meminta ego kepemimpinan diredam demi terwujudnya satu langkah menghadapi dampak virus corona.

“DKI sudah berjibaku sejak awal pandemi dengan peta jalan yang cukup baik, mulai dari penetapan PSBB, masa transisi hingga akhirnya kembali PSBB total, meski sempat silang pendapat,” tegas Netty.

Kasus Covid-19 Naik, Satgas: Jangan Menunggu Sampai 5.000 untuk Disiplin Protokol Kesehatan

Halaman: 
Penulis : Iskandar