logo


Presiden Venezuela Minta Negara-negara Lain Menentang Sanksi AS

Presiden Nikolas Maduro mendesak negara-negara lain untuk menentang langkah sepihak AS yang menjatuhkan sanksi terhadap sejumlah negara di dunia

24 September 2020 20:40 WIB

Presiden Venezuela Nicolas Maduro
Presiden Venezuela Nicolas Maduro istimewa

CARACAS, JITUNEWS.COM - Presiden Venezuela Nicolas Maduro meminta semua negara yang ingin mempertahankan perdamaian dunia harus menentang sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah AS terhadap sejumlah negara di dunia seperti Venezuela, Iran, Kuba, Nikaragua dan Suriah.

"Kami harus meminta penghentian semua kebijakan sepihak atas semua sanksi dan mereka (pemerintah AS) mengijinkan rakyat kami untuk melakukan hak-haknya," kata Maduro dalam sidang umum PBB, dikutip dari Reuters pada Kamis (24/9).

Pemerintahan Donald Trump sebelumnya telah menjatuhkan sejumlah sanksi kepada Venezuela dalam dua tahun belakangan ini. Sanksi tersebut bertujuan untuk menyingkirkan Maduro dari pemerintahan Venezuela karena dinilai telah melakukan tindak korupsi, pelanggaran HAM dan berbuat curang atas hasil pemilu 2018.


Produsen Mobil Gugat Pemerintah AS Usai Berlakukan Tarif Pajak Impor kepada China

Tak hanya Venezuela, AS juga menjatuhkan sanksi terhadap Kuba dan Nikaragua yang merupakan sekutu Venezuela.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada Senin (21/9) mengumumkan bahwa pihaknya akan menjatuhkan sanksi baru terhadap sejumlah pejabat di pemerintahan Iran karena terlibat dalam program pengembangan nuklir dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro karena telah memperkuat hubungan diplomatik dengan Iran.

"Kami juga akan menjatuhkan sanksi terhadap Presiden Venezuela, Nicolas Maduro. Selama hampir dua tahun belakangan ini, sejumlah pejabat korup di Teheran telah menjalin kerja sama dengan pemerintah Venezuela yang melanggar sanksi embargo senjata PBB," ujarnya.

Kasus Covid-19 Selandia Baru Turun, Aturan Penggunaan Masker Dilonggarkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia