logo


PM Jepang Minta Presiden Korsel Perbaiki Hubungan Kedua Negara untuk Hadapi Ancaman Korut

PM Yoshihide Suga mengatakan bahwa dirinya telah meminta Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk meningkatkan kerja sama untuk menghadapi ancaman Korut

24 September 2020 18:14 WIB

PM Jepang Yoshihide Suga
PM Jepang Yoshihide Suga istimewa

TOKYO, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Jepang yang baru, Yoshihide Suga, mengatakan bahwa pihaknya dan Korea Selatan harus bekerja sama untuk mengakhiri ancaman militer Korea Utara, dan meminta Korea Selatan untuk memperbaiki hubungan dengan Korea Utara.

Hubungan antara Jepang dan Korea Selatan belakangan ini mengalami keretakan atas munculnya isu sejarah dan perdagangan antara kedua negara, khususnya mengenai isu adanya praktek kerja paksa yang dilakukan oleh Jepang terhadap orang-orang Korea pada tahun 1910 hingga 1945 saat Korea masih menjadi wilayah jajahan Jepang.

"Kerja sama antara Jepang dan Korea Selatan, termasuk Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan, sangat penting untuk menghadapi Korea Utara dan isu lainnya," kata Suga dikutip dari Al Jazeera pada Kamis (24/9).


CDC Sebut Lebih dari 90 Persen Masyarakat AS Tak Kebal dari Covid-19

Pada pekan lalu, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dikabarkan telah mengirim surat kepada Suga. Dalam surat tersebut, Moon bersedia untuk menggelar kesepakatan dengan Perdana Menteri Jepang tersebut untuk meningkatkan hubungan diantara kedua negara sekutu Amerika Serikat itu.

Korsel Berang Usai Salah Satu Pejabatnya Ditembak Mati dan Dibakar oleh Korea Utara

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia