logo


Kapal Rusia Masuk Wilayah Perairannya Tanpa Ijin, Swedia: Tak Dapat Diterima

Kementerian Pertahanan Swedia mengklaim bahwa sejumlah kapal milik Rusia dan Denmark telah melanggar batas wilayah mereka

24 September 2020 16:45 WIB

Kapal Penjaga Pantai Swedia
Kapal Penjaga Pantai Swedia istimewa

STOCKHOLM, JITUNEWS.COM - Angkatan bersenjata Swedia mengklaim bahwa dua kapal Rusia dan sebuah kapal Denmark telah melanggar batas teritorial mereka tanpa ijin pada pertengahan bulan September ini.

Menurut kantor berita Dagens Nyheter, upaya penyusupan tersebut terjadi dua kali, yakni pada 14 September dimana dua kapal Rusia yang masing-masing memiliki panjang lebih dari 100 meter memasuki wilayah perairan Swedia di sebelah tenggara kota Gothenberg. Kapal tersebut berada di teritorial Swedia selama kurang lebih 11 menit.

"Kedua kapal tersebut telah dikontak via radio dan meresponnya dan kemudian meninggalkan wilayah perairan Swedia. Itu adalah pelanggaran dan kami harus bertindak dan memberi sinyal. Perwakilan pemerintah Rusia telah dipanggil usai insiden itu. Insiden tersebut jelas sebuah tindak kriminal dan sebuah pelanggaran terhadap (UU) Swedia dan hal itu tak dapat diterima," kata Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist kepada siaran televisi SVT dikutip dari Sputnik News pada Kamis (24/9).


Pelantikan Lukashenko Dikecam Banyak Pihak, Lithuania: Sebuah Lelucon

Dua hari setelah kejadian itu, atau pada 16 September, sebuah kapal Denmark juga memasuki wilayah perairan tersebut tanpa ijin.

Untuk diketahui, hubungan antara Swedia dan Rusia mulai memanas pada beberapa tahun belakangan ini menyusul adanya reunifikasi wilayah Crimea dengan Rusia yang mana hal itu dianggap oleh Swedia sebagai pencaplokan wilayah.

Bawa Narkoba dan Senjata Api, Pesawat Jet Curian Jatuh di Belantara Guatemala

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia