logo


Heboh Surat Nikah Soekarno Diperjualbelikan, Cucu Inggit Garnasih Bantah: Itu Cerita Tahun Lalu

Cucu Inggit Garnasih mengaku masih menyimpan dokumen nikah tersebut

24 September 2020 13:42 WIB

Bung Karno dan Che Guevara.
Bung Karno dan Che Guevara. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Media sosial tengah dihebohkan dengan viralnya surat nikah dan surat cerai Presiden RI Pertama Soekarno dengan Inggit Ganarsih yang diperjualbelikan. Dua dokumen tersebut diunggah oleh akun @popstoreindo di Instagram.

"Seorang bapak di Bandung menawarkan surat nikah dan surat cerai asli Presiden Pertama RI Ir. Soekarno dan Ibu Inggit Garnasih. Beliau ternyata cucunya Ibu Inggit. Saya kaget pas baca dokumen sangat bersejarah ini, baru tahu juga ternyata yang jadi saksi cerainya Bung Karno & Bu Inggit adalah Bung Hatta, Ki Hadjar Dewantara, dan KH Mas Mansoer," demikian kutipan unggahan Instagram @popstoreindo, Kamis (24/9/2020).

Sementara itu, cucu angkat dari Inggit yakni Tito Asmarahadi membantah terkait dokumen surat nikah-cerai sang proklamator yang dijualbelikan di media sosial. Ia mengatakan dokumen tersebut masih disimpannya dengan baik.


Tegaskan Mapel Sejarah Tak Dihapuskan, Nadiem: Kakek Saya Tokoh Perjuangan

"Ada salah pengertian, itu adalah cerita beberapa tahun yang lalu. Tidak perlu dikomentari," kata Tito seperti dilansir detikcom, Kamis (24/9/2020).

Diketahui, Soekarno menikah dengan Inggit Garnasih saat masih berstatus sebagai mahasiwa di Technische Hoogeschool te Bandoeng yang kini berubah nama menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah menikah selama 20 tahun, keduanya bercerai pada pertengahan tahun 1943. Usai perceraian tersebut, Soekarno kemudian menikah dengan Fatmawati.

Gebyar Revolusi Mental, Menko PMK Minta Generasi Milenial Warisi Semangat Bung Karno

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati