logo


Prihatin Surat Nikah Soekarno Dijual Belikan, Sejarawan: Lebih Baik Disimpan di ANRI

Surat nikah dan surat cerai Soekarno dijual dengan harga fantastis di media sosial

24 September 2020 11:10 WIB

Bung Karno berpidato
Bung Karno berpidato Republika

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Belakangan ini media sosial tengah dihebohkan dengan viralnya surat nikah dan surat cerai Presiden RI Pertama Soekarno dengan Inggit Ganarsih yang diperjualbelikan. Dua dokumen tersebut diunggah oleh akun @popstoreindo di Instagram.

"Seorang bapak di Bandung menawarkan surat nikah dan surat cerai asli Presiden Pertama RI Ir. Soekarno dan Ibu Inggit Garnasih. Beliau ternyata cucunya Ibu Inggit. Saya kaget pas baca dokumen sangat bersejarah ini, baru tahu juga ternyata yang jadi saksi cerainya Bung Karno & Bu Inggit adalah Bung Hatta, Ki Hadjar Dewantara, dan KH Mas Mansoer," demikian kutipan unggahan Instagram @popstoreindo, Kamis (24/9/2020).

Pengunggah mengaku menjual dokumen tersebut dengan harga yang tidak murah. Bagi yang berminat diminta menghubunginya secara pribadi.


Omnibus Law Dianggap Hina Proklamator, Rocky Gerung: Seperti Perangko Berwajah Bung Karno di Kertas Toilet

"Yang minat serius PM saya aja langsung dan cek barang ke rumahnya. Harga sangat amat mahal super fantastis," lanjutnya.

Sementara itu, sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indnesia (LIPI) Asvi Warman Adam mengaku prihatin karena dokumen sejarah justru diperjualbelikan. Ia pun menyarankan untuk disimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

"Saya juga prihatin itu dijual belikan, kalau pihak keluarganya memang mau menjaga dokumen, tidak apa-apa sebagai koleksi keluarga, bila tidak lebih baik disimpan di ANRI. Karena itu arsip sejarah," ujarnya seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (24/9/2020)

Viral Logo PDIP Jadi Lambang Sila Keempat, Guru Mengaku Lalai dan Kurang Konsentrasi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati