logo


Aksi Protes Belarus Masih Berlangsung, Lukashenko Dilantik Secara Diam-diam

Alexander Lukashenko secara diam diam dilantik jadi presiden Belarus meskipun gelombang aksi protes masih terjadi

23 September 2020 20:31 WIB

Alexander Lukashenko
Alexander Lukashenko cnn

MINSK, JITUNEWS.COM - Alexander Lukashenko dikabarkan secara diam-diam telah melakukan sumpah jabatan pada Rabu (23/9) untuk kembali melanjutkan kepemimpinannya yang kini telah memasuki periode ke-6 di permerintahan Belarus. Acara tersebut sengaja tidak dipublikasikan sebelumnya karena gelombang aksi protes menolak hasil pemilu yang memenangkan Lukashenko masih berlanjut.

Kantor berita Belarus, Belta, melaporkan bahwa upacara pengambilan sumpah jabatan tersebut dilangsungkan di Minsk dimana dihadiri oleh ratusan pejabat tinggi negara, tokoh politik dan sejumlah perwakilan organisasi media dan tokoh penting lainnya.

"Hari dimana diikrarkannya sumpah jabatan presiden ini menandai kemenangan kita," kata Lukashenko dalam acara tersebut dikutip dari Al Jazeera pada Rabu (23/9).


Minta AS Cabut Aturan Pembatasan Perdagangannya, Huawei: Kami Masih Ingin Beli Produk AS

"Kita tidak hanya memilih presiden negara ini saja, namun kita juga mempertahankan kemerdekaan, kedaulatan, nilai-nilai dan kehidupan damai kita," tambahnya.

Lukashenko diketahui telah berkuasa di negara bekas pecahan Uni Soviet tersebut selama 26 tahun. Pemilu nasional yang digelar pada 9 Agustus lalu berhasil memenangkan dirinya kembali secara mutlak dengan meraih 80 persen suara, dimana kandidat oposisi Svetlana Tikhanovskaya hanya kebagian 10 persen suara.

Tikhanovskaya dan ratusan ribu warga Belarus menganggap hasil pemilu tersebut penuh dengan kecurangan dan tidak menerimanya. Sejak saat itu hingga hari ini, gelombang protes terus terjadi di ibu kota, Minsk, dan sejumlah kota lain di Belarus untuk mendesak Lukashenko untuk mundur.

PBB Khawatir Situasi Hubungan AS-China Berubah Jadi Perang Dingin Baru

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia