logo


Bandara di Finlandia Ini Gunakan Anjing untuk Deteksi Penumpang yang Terinfeksi Covid-19

Menurut sebuah penelitian, anjing mampu mendeteksi aroma virus Covid-19 dengan tingkat akurasi hampir 100 persen

23 September 2020 18:36 WIB

Bandara Helsinki di Finlandia mengunakan anjing untuk mendeteksi virus Covid-19
Bandara Helsinki di Finlandia mengunakan anjing untuk mendeteksi virus Covid-19 sky news

HELSINKI, JITUNEWS.COM - Untuk mendeteksi adanya virus Corona Covid-19 pada semua penumpang pesawat, sebuah bandara di Helsinki Finlandia memanfaatkan kemampuan indera penciuman super yang dimiliki oleh hewan anjing.

Bekerja sama dengan sebuah agen pendeteksi aroma, Wise Nose, pihak bandara mengerahkan 10 anjing terlatih untuk ditempatkan di beberapa titik di fasilitas tersebut.

Hal ini dilakukan menyusul adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Helsinki yang mengungkap bahwa hewan anjing terlatih dapat mendeteksi virus Corona Covid-19 dengan tingkat akurasi mencapai hampir 100 persen.


Minta AS Cabut Aturan Pembatasan Perdagangannya, Huawei: Kami Masih Ingin Beli Produk AS

"Ini mungkin akan menjadi langkah tambahan ke depan dalam melawan virus Covid-19," kata seorang pegawai operator bandara, Finavia, dikutip dari Sky News pada Rabu (23/9).

Dalam operasinya, para pengunjung dan penumpang tidak diijinkan untuk berinteraksi dengan anjing-anjing tersebut. Selain itu, para penumpang juga nantinya akan mendapat tes pemeriksaan konvensional untuk memastikan bahwa kemampuan deteksi yang dimiliki oleh anjing-anjing tersebut benar-benar akurat.

Salah satu dari anjing tersebut merupakan anjing jenis Greyhound campuran bernama Kossi. Hebatnya, Kossi mampu belajar mendeteksi aroma virus Covid-19 dalam waktu tujuh menit.

Dalam operasionalnya, para penumpang pesawat akan diberikan sebuah lapisan seperti tisu untuk kemudian diusapkan ke permukaan kulit mereka. Tisu tersebut kemudian akan ditempatkan ke dalam sebuah wadah dan akan diberikan kepada salah satu anjing yang berada di ruangan yang terpisah. Anjing tersebut akan memeriksa apakah seseorang tersebut telah terinfeksi Covid-19.

Semua orang yang terbukti positif Covid-19 akan langsung dibawa ke fasilitas yang telah disediakan oleh pihak bandara dan dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani karantina.

Menurut data yang dihimpun oleh Johns Hopkins University, Finlandia sejauh ini telah melaporkan 9,195 kasus Covid-19 dengan 341 kematian.

PBB Khawatir Situasi Hubungan AS-China Berubah Jadi Perang Dingin Baru

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia