logo


NASA Bakal Kirim Astonot Wanita Pertama Mereka untuk Mendarat di Bulan pada Tahun 2024

NASA saat ini tengah menyiapkan rencana program misi pendaratan di Bulan yang akan mereka lalukan pada tahun 2024 mendatang

22 September 2020 19:16 WIB

Ilustrasi Astronot di Bulan
Ilustrasi Astronot di Bulan istimewa

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Agen antariksa Amerika Serikat NASA secara resmi telah menyusun rencana misi pendaratan di permukaan Bulan pada tahun 2024 mendatang. Dalam misi yang mereka namakan sebagai Artemis tersebut, NASA rencananya juga akan mengirim seorang astonot pria dan seorang astonot wanita untuk menjejakkan kaki di permukaan Bulan pertama kalinya sejak tahun 1972 silam.

Sepasang astronot tersebut akan melakukan perjalanan dengan menggunakan kapsul ruang angkasa seperti Apollo yang bernama Orion, yang nantinya akan diluncurkan dengan sebuah roket berkekuatan tinggi bernama SLS.

Jim Bridenstine, salah satu pejabat NASA, pada Senin (21/9) mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan anggaran hingga USD 28 miliar kepada pemerintah AS untuk membiayai program misi pendaratan tersebut.


Intel Dapat Restu dari AS untuk Suplai Huawei

"Anggaran USD 28 miliar tersebut akan mewakili anggaran terkait program misi pendaratan di Bulan, Artemis, selama 4 tahun mendatang. Pendanaan untuk SLS, Orion, dan sistem pendaratan manusia dan tentunya untuk pakaian luar angkasa," kata Bridenstine dikutip dari BBC News pada Selasa (22/9).

Pada 2019 lalu, Bridenstine mengatakan bahwa astronot wanita pertama yang akan mendarat di Bulan pada tahun 2024 nantinya "harus lah astronot yang telah berpengalaman dan sebelumnya pernah berada di stasiun luar angkasa internasional (ISS)."

Untuk saat ini, setidaknya NASA memiliki 12 astonot wanita yang masih aktif. Dimana lima diantaranya pada awal tahun ini telah menyelesaikan program latihan dan dinyatakan lulus. Namun, sejauh ini masih belum jelas apakah mereka dapat memenuhi kriteria untuk bergabung dalam misi pendaratan pada tahun 2024 tersebut.

Terkuak, Ini Alasan Mark Chapman Bunuh John Lennon Vokalis The Beatles

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia