logo


Irma Chaniago Sebut Pilkada 2020 Harus Tetap Digelar, Ini Alasannya

Menjadi bahaya bila Pemda tak punya otoritas untuk mengambil keputusan strategis penanganan Covid-19.

22 September 2020 10:05 WIB

Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago.
Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Politisi Partai NasDem, Irma Suryani Chaniago mendukung pelaksanaan Pilkada 2020 tidak ditunda meski di tengah pandemi Covid-19. Baginya, Pilkada justru harus segera digelar supaya virus corona dapat ditanggulangi.

"Meski kasus penyebaran Covid masih terus meningkat, Pilkada justru harus disegerakan dengan protokol Covid yang ketat tentu," ujar Irma Suryani Chaniago, dilansir dari Tagar, Selasa (22/9).

"Karena jika tidak, Pemda akan mengalami kekosongan otoritas. Kenapa? Karena Plt pejabat menurut Undang-Undang tidak boleh mengambil kebijakan strategis, sementara penanggulangan Covid butuh penanganan yang bersifat strategis, baik terkait dengan anggaran dan regulasi," lanjutnya.


Konser Pilkada Tak Edukasi Soal Visi-Misi Calon, DKPP: Yang Disorot Adalah Penyanyinya

Irma menilai Pilkada sebaiknya segera dilaksanakan dalam situasi darurat seperti ini. Menurutnya, menjadi bahaya bila Pemda tak punya otoritas untuk mengambil keputusan strategis penanganan Covid-19.

"Yang penting dari tetap melaksanakan Pilkada, adalah penegak hukum harus mengawal proses dengan ketat dan cakada (calon kepala daerah) diwajibkan mengikuti protokol Covid yang telah ditetapkan. Jika cakada melanggar, yang bersangkutan bisa diwajibkan membayar denda dengan 10.000 masker dan hand sanitizer misalnya, dengan begitu punishment-nya efektif dan bermanfaat," tukasnya.

Potensi Konflik, Hasto Minta Istilah Perang Badar Tak Digunakan di Pilkada 2020

Halaman: 
Penulis : Iskandar