logo


Kenang Budaya Betawi, Hari Ini Google Doodle Tampilkan Benyamin Sueb

Taman Benyamin Sueb diresmikan pada tanggal 22 September 2018

22 September 2020 09:08 WIB

Google Doodle Benyamin Sueb
Google Doodle Benyamin Sueb Screenshot/Google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tepat dua tahun yang lalu, yakni pada 22 September 2018 pemerintah setempat meresmikan Taman Benyamin Sueb. Taman tersebut dibangun sebagai pusat budaya yang didedikasikan untuk menjunjung tinggi budaya Betawi.

Benyamin Sueb adalah seorang tokoh yang memperjuangkan budaya Betawi di Indonesia. Ia dikenal oleh masyarakat sebagai aktor ikonik Indonesia, komedian, penyanyi, penulis lagu, dan sutradara.

Bertepatan dengan peringatan peresmian Taman Bunyamin Sueb pada hari ini Selasa (22/9/2020), Google doodle menampilkan ilustrasi Benyamin Sueb. Tokoh Benyamin Sueb muncul pada huruf G dengan mengenakan sarung yang melingkar di lehernya. Ia juga tampak mengenakan peci sebagai ciri khasnya. Tak hanya itu, hal-hal yang berkaitan dengan Benyamin Sueb juga muncul pada Google doodle hari ini yakni seperti ondel-ondel hingga gulungan film.


Kongkow Betawi Kita #37, Upaya Kembalikan Citra Positif Orang Betawi

Google doodle dengan ilustrasi Benyamin Sueb diharapkan bisa menjadi pengingat bahwa orang Indonesia mempunyai kecerdasan dan warisan budaya yang ditinggalkan Bunyamin Sueb. Seorang seniman yang mengekspresikan dirinya dan menjadi sosok yang inspiratif.

Dilansir dari laman resmi Google doodle, Benyamin Sueb lahir di Batavia (Jakarta) pada 5 Maret 1939. Ia memulai karirnya sebagai anggota 'Melody Boys' pada tahun 1950-an. Ia mengandalkan idiom musik Betawi untuk menulis lagu hitsnya seperti Hujan Gerimis, Nonton Bioskop, dan juga merevitalisasi gaya gabang kromong melalui lagu Ondel-ondel.

Tak hanya munulis lagu, Benyamin Sueb juga berkarir di dunia akting pada awal tahun 70-an dan melalui lensa film komedi. Pada tahun 1990, ia mendirikan Radio Ben yakni satu-satunya radio di Indonesia yang didedikasikan untuk Betawi.

Gaya berpakainnya yang khas juga menjadi salah satu ikon Benyamin Sueb. Tak hanya itu salah satu lagu hit Kompor Meleduk juga menjadi hal yang kita ingat begitu mendengar nama Benyamin Sueb. Oleh karena itu, gambar kompor meleduk juga menjadi salah satu bagian dari ilustrasi Google doodle hari ini. Gambar kompor meleduk terdapat pada salah satu huruf O pada kata Google.

Jokowi Menyebut Microsoft Hingga Alibaba Tertarik Bangun Pusat Data di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati