logo


Ahmad Dhani: Musisi Indonesia Jauh Lebih Bermutu daripada Korsel

Dhani tak sepakat dengan pernyataan Wapres Maruf Amin yang menyebut K-Pop bisa jadi dorongan bagi anak bangsa untuk mempromosikan budaya.

22 September 2020 06:30 WIB

Ahmad Dhani.
Ahmad Dhani. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin berharap tren Korean Pop atau K-Pop dapat mendorong kreativitas anak muda Indonesia untuk lebih giat mempromosikan budaya bangsa.

Namun pernyataan Maruf Amin itu mendapat kritikan dari musisi ternama Ahmad Dhani. Pentolan Dewa 19 itu menilai musik Indonesia jauh lebih bermutu daripada K-Pop.

Menurut Dhani, dukungan dari pemerintah menjadi faktor penting bagi perkembangan industri musik.


Blak-blakan! Maia Estianty Ditalak Ahmad Dhani Lewat SMS

“Di Korea disiapkan dana besar untuk memajukan musik nasional. Pemerintah Korsel serius untuk mengangkat industri musik Korsel menjadi masuk ke industri musik dunia,” ujar Ahmad Dhani, seperti dikutip dari RMOL, Selasa (22/9).

Dhani menyebut Maruf Amin masih belum paham soal industri musik. Ia merasa Ketum MUI non-aktif itu seharusnya mengajak seniman musik berdiskusi sebelum menyampaikan pernyataan tersebut.

“Intinya, seniman seperti pelaku industri pada umumnya, butuh dukungan pemerintah,” jelasnya.

Penggubah lagu “Roman Picisan” itu lantas menyarankan pemerintah mengangkat pejabat yang memahami seluk-beluk industri dunia.

Dhani mencontohkan perbandingan industri mobil di Korsel yang telah dimulai sejak 20 tahun lalu, sedangkan di Indonesia masih sebatas fiksi.

Artinya, sebelum masuk ke industri musik dunia, pemerintah harus masuk dulu dalam dunia industri.

“Musisi Indonesia jauh lebih bermutu daripada Korea Selatan. Hanya saja selama ini belum ada presiden yang punya skill soal industri dunia,” tutup Dhani.

KPU Beri Lampu Hijau Konser di Pilkada, Begini Tanggapan Giring PSI

Halaman: 
Penulis : Iskandar