logo


Vaksin Covid-19 Sputnik V Aman dan Efektif, WHO: Terima Kasih kepada Rusia

Hans Kluge, selaku Direktur Regional WHO Eropa menyebut vaksin Covid-19 Sputnik V buatan Rusia aman dan efektif dalam mencegah penularan virus Covid-19

21 September 2020 19:04 WIB

Vaksin Sputnik V buatan Rusia
Vaksin Sputnik V buatan Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Vaksin buatan Rusia Spuntik V yang merupakan vaksin Covid-19 pertama yang secara resmi teregistrasi saat ini tengah berada dalam tahap uji coba fase ketiga dimana melibatkan 2000 orang di seluruh dunia.

WHO menyatakan bahwa Vaksin hasil pengembangan Institut Riset Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya tersebut berhasil lolos dan ditetapkan sebagai vaksin yang aman dan efektif dalam mencegah penularan virus Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Regional WHO Eropa Hans Kluge saat bertemu dengan Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Musrashko.


Tunjuk Hakim Agung Sebelum Pilpres, Trump Disebut Salah Gunakan Kekuasaan

"WHO sangat mengapresiasi langkah Federasi Rusia yang telah mengembangkan sebuah vaksin melawan virus Covid-19 bernama Sputnik V," kata Hans Kluge dikutip dari Sputnik News pada Senin (21/9).

"Sekali lagi saya ingin ucapkan terima kasih kepada Rusia atas keberhasilan mereka dalam menciptakan sebuah vaksin yang aman dan efektif," tambahnya.

Sebelumnya, WHO mengatakan bahwa sebuah serum kandidat vaksin Covid-19 harus terbukti efektif dan aman digunakan oleh seluruh orang di dunia. Untuk itu, vaksin tersebut harus menjalani beberapa tahapan prosedur uji coba klinis sebelum akhirnya diproduksi secara massal dan diedarkan.

"WHO sangat memperhatikan bahwa sebuah vaksin Covid-19 telah didaftarkan di badan obat federasi Rusia .... WHO akan terus menjalin komunikasi dengan para peneliti dan otoritas Rusia, dan berharap dapat segera me-review detail dari hasil uji coba," demikian pernyataan WHO dikutip dari Sputnik News pada Rabu (12/8).

"Dalam tingkat global, WHO telah terlibat dalam hal pembimbingan dan percepatan program riset dan pengembangan sejak Januari 2020 ... Semua vaksin yang aman dan efektif akan menjadi barang umum, dan WHO mendesak adanya distribusi yang cepat, adil dan merata untuk seluruh dunia," kata WHO.

Bahas Pencabutan Sanksi Embargo Senjata, Menlu Iran Kunjungi Moskow

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia