logo


Bahas Pencabutan Sanksi Embargo Senjata, Menlu Iran Kunjungi Moskow

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif segera bertemu dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov untuk bahas pencabutan sanksi embargo senjata

21 September 2020 18:42 WIB

Tehran Times

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Iran Muhammad Javad Zarif dikabarkan akan berkunjung ke Moskow pada 24 September 2020 mendatang untuk bertemu dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov dan sejumlah tokoh penting lainnya.

"Ya, beliau (Zarif) akan segera datang. Pembahasan dengan Sergei Lavrov rencananya akan digelar pada 24 September mendatang," kata Kabulov, salah satu pejabat Kementerian Luar Negeri Rusia untuk kawasan Asia sekaligus perwakilan khusus Rusia untuk Afghanistan, dikutip dari Sputnik News pada Senin (21/9).

Kabulov mengatakan bahwa kedua menteri luar negeri tersebut akan melakukan pembahasan mengenai pencabutan sanksi embargo senjata PBB terhadap Iran.


Taiwan Sebut Militernya Berhak Serang Balik China Daratan

Seperti diketahui, Rusia sebelumnya telah menyatakan dukungannya kepada Iran dan mengecam langkah sepihak AS yang ingin memperpanjang sanksi embargo senjata Iran yang sedianya akan segera berakhir pada pertengahan Oktober mendatang.

Pada bulan lalu Rusia menyebut klaim AS yang menyebut PBB perlu mempertahankan sanksi Iran tersebut menyesatkan sehingga Dewan Keamanan PBB tidak dapat menindak lanjuti permohonan AS tersebut.

Ditolaknya permohonan tersebut, AS tidak tinggal diam. Mereka bahkan mengancam akan memberlakukan sanksi terhadap semua negara anggota PBB yang melakukan perdagangan dengan Iran.

"Jika negara anggota PBB gagal memenuhi kewajiban mereka untuk mengimplementasikan sanksi tersebut, Pemerintah AS telah bersiap untuk menggunakan wewenang domestik dalam menjatuhkan konsekuensi bagi negara-negara yang tidak memenuhi sanksi itu," kata Menlu AS Mike Pompeo.

Tunjuk Hakim Agung Sebelum Pilpres, Trump Disebut Salah Gunakan Kekuasaan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia