logo


Cooling Pad Laptop Berbasis DHT22 Menggunakan Arduino

Teknologi cooling pad Arduino

21 September 2020 15:15 WIB

Cooling pad teknologi gaming murah
Cooling pad teknologi gaming murah Istimewa
dibaca 167 x

Teknologi tak luput dari gengaman manusia pada umumnya, tidak mengenal umur dari dewasa maupun anak – anak. Kemajuan teknologi juga sangat berkembang pesat di dunia ini dari dulu hingga sekarang. Di era teknologi modern seperti sekarang banyak teknologi yang diciptakan untuk berbagai kemudahan manusia. Diantaranya sangat menunjang pekerjaan yaitu komputer. Komputer di era sekarang sangat memperhitungkan kinerja yang sangat Cepat, dan Simpel. Contoh nya komponen yang sangat penting prosesor.

Prosesor sangat penting bagi komputer/ laptop karena mampu mengolah data artimatika, karena prosesor adalah otak dari komputer. Perangkat komputer seperti prosesor sangat bekerja sangat keras sehingga membuat suhu komputer/laptop sangat panas. Jika suhu sangat panas maka umur suatu perangkat elektronik bisa menjadi pendek.

Maka dari itu prosesor butuh pendingin berupa kipas/heatsink. Kipas yang mendinginkan komputer dapat mendinginkan walapun sedikit. Maka dari itu kita sebagai user membutuhkan kipas tambahan. Dengan adanya heatsink tambahan berupa cooling pad pada bagian bawah laptop. Kinerja laptop menjadi lebih baik karena suhunya yang menurun.


Konflik Perbatasan India-China Kembali Pecah, 118 Aplikasi Buatan China Di-banned India

Dengan ditambahkan sensor suhu pada cooling pad tersebut user dapat mengetahui berapa panas suhu laptop tersebut. Sensor yang dipakai adalah DHT22 yaitu sensor suhu terbaru. Sensor suhu ini dapat bekerja lebih baik dibanding sensor suhu yang keluar lebih dahulu yaitu DHT11. Sensor suhu DHT22 lebih unggul karena nilai range lebih besar dan nilai toleransinya lebih kecil.

Untuk teknis pemasangan sensor DHT22 akan disambungkan dengan Arduino dan output dari arduino itu sendiri yaitu cooling pad. Arduino yang dipakai adalah aduino uno karena arduino jenis tersebut banyak beredar di pasaran dan Bahasa yang digunakan tidaklah sulit karena banyak turorial yang beredar di internet. Bahan lainnya berupa LCD yang terpasang pada arudino agar user dapat memantau suhu dari laptop tersebut.

 

Ditulis oleh: Yoshep Wegig

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Perusahaan Pemilik TikTok Ingin Kembangkan Game buat Saingi Tencent

Halaman: 
Admin : Gun-Gun