logo


Tegaskan Mapel Sejarah Tak Dihapuskan, Nadiem: Kakek Saya Tokoh Perjuangan

Nadiem membantah mapel Sejarah akan dihapuskan

21 September 2020 06:34 WIB

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengklarifikasi tekait isu liar penghapusan mata pelajaran (mapel) sejarah. Ia menegaskan tidak ada penghapusan mapel sejarah dari kurikulum yang dipakai saat ini.

"Saya ingin mengklarifikasi beberapa hal, karena saya terkejut, betapa cepat informasi tidak benar menyebar tentang mapel sejarah. Saya ucapkan tidak ada sama sekali kebijakan, regulasi, atau rencana penghapusan mata pelajaran sejarah di kurikulum nasional," kata Nadiem dalam video di akun Instagramnya seperti yang jitunews lihat pada Senin (21/9/2020).

Nadiem menegaskan bahwa Kemendikbud saat ini tengah mengkaji penyederhanaan kurikulum, namun tidak dengan penghapusan mapel sejarah.


Nadiem Sebut Lulusan 2020 Generasi Tahan Banting

Nadiem mengatakan bahwa komitmennya tentang sejarah tidak perlu diragukan. Ia mengatakan bahwa misinya adalah memajukan pendidikan sejarah di Indonesia. Ia pun menyinggung soal kakeknya yang merupakan tokoh pejuang kemerdekaan.

"Kakek saya adalah salah satu tokoh perjuangan dalam kemerdekaan Indonesia di tahun 1945. Ayah dan ibu saya aktivis nasional membela hak asasi rakyat Indonesia dan berjuang melawan korupsi. Anak saya tidak akan tahu bagaimana melangkah ke masa depan tanpa mengetahui dari mana mereka datang," lanjutnya.

Kurikulum Pendidikan Disederhanakan, Mapel Sejarah Bakal Dihapus?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati