logo


Inggris Segera Berlakukan Lockdown Nasional Kedua

Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 membuat pemerintah Inggris tak memiliki banyak pilihan kecuali diberlakukannya kembali kebijakan PSBB Total secara nasional

20 September 2020 17:16 WIB

Salah satu sudut Kota London
Salah satu sudut Kota London istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Pemerintah Inggris kemungkinan akan kembali memberlakukan kebijakan PSBB secara nasional guna menekan laju penyebaran Covid-19. Meski demikian, sejumlah tokoh pemerintah mengaku tak ingin hal tersebut terjadi.

"Jika semua orang mengikuti aturan protokol kesehatan, maka kita bisa mencegah diberlakukannya kebijakan lockdown secara nasional, namun tentunya kita juga harus bersiap untuk mengambil keputusan tersebut jika diperlukan," kata Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock kepada BBC pada Minggu (20/9).

"Saya (sebenarnya) tak ingin melihatnya," tambahnya.


Pasukan Garda Iran Tegaskan Bakal Balas Dendam Kematian Qasem Solemani

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa dirinya tak ingin mengeluarkan kebijakan lockdown nasional lagi untuk diterapkan di Inggris. Namun, tingginya peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi belakangan ini membuat pemerintah tak memiliki banyak pilihan.

"Kita saat ini melihat kebijakan lockdown secara nasional akan diberlakukan....tentunya kita akan menjaga semuanya dengan penuh pertimbangan," kata pria yang akrab disapa BoJo tersebut dikutip dari Sky News.

"Saya sebenarnya tak ingin memberlakukan kebijakan lockdown nasional kedua, namun seiring denga perkembangan wabah ini, tentunya kita akan mengambil tindakan yang lebih jauh," tambahnya.

Sementara itu, walikota London Sadiq Khan menyambut baik rencana tersebut.

"Hal terbaik bagi kesehatan masyarakat dan perekonomian adalah pemberlakukan aturan pembatasan sosial secara dini, daripada harus menerapkan kebijakan lockdown penuh saat semuanya telah terlambat," katanya.

Sanksi TikTok Dibatalkan, Trump: Keamanannya 100 Persen

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia