logo


Presiden Taiwan Sebut Latihan Militer China Ancam Keamanan Kawasan

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen meminta China untuk menghentikan kegiatan latihan militer mereka di sekitar Selat Taiwan

20 September 2020 14:31 WIB

Presiden Taiwan Tsai Ing Wen
Presiden Taiwan Tsai Ing Wen Al Jazeera

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada Minggu (20/9) mengatakan bahwa latihan militer yang dilakukan oleh China di sekitar Selat Taiwan belakangan ini merupakan ancaman terhadap keamanan dan perdamaian di kawasan. Terlebih, dalam dua hari terakhir, sejumlah pesawat militer China berupaya mendekati dan memasuki wilayah udara mereka.

Latihan militer tersebut dilakukan oleh China ditengah kunjungan resmi seorang perwakilan Kementerian Luar Negeri AS Keith Krach di Taipei.

"Saya meyakini bahwa...sejumlah negara di kawasan juga memahami adanya ancaman dari (militer) China," kata Tsai Ing-wen dikutip dari Reuters pada Minggu (20/9).


China Larang Produk Laut RI, Said Didu: China datang ke Indonesia Justru Diberi Karpet Merah

Oleh karena itu, ia meminta pemerintah China untuk segera menghentikan aktifitas militer tersebut dan tidak melakukan provokasi lanjutan.

"(Partai) Komunis China harus menahan diri dan tidak memprovokasi," tambahnya.

Pada Sabtu (19/9), Angkatan Udara China mengunggah sebuah video yang menunjukkan kemampuan pesawat pembom H-6 milik mereka. Pesawat tersebut diketahui menjadi salah satu pesawat tempur China yang berulang kali mencoba memasuki wilayah udara Taiwan.

Saat ditanya mengenai video tersebut, Tsai mengatakan bahwa aktifitas militer China belakangan ini tidak hanya mengancam keamanan Taiwan.

"Kehadiran (militer) China tersebut jelas merupakan tindakan agresif yang membawa ancaman," tukasnya.

Kunjungi Pentagon, Luhut Tegaskan RI Tak Bakal Berkiblat ke Kekuatan Mana pun

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia