logo


Anies Baswedan: Penggunaan Masker adalah Vaksin Terbaik dan Perlindungan Terbaik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar tes swab lima kali lipat lebih tinggi dari standar WHO

20 September 2020 13:57 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut masker sebagai perlindungan terbaik dalam mencegah penularan Covid-19 untuk saat ini, terlebih belum siapnya pendistribusian vaksin Covid-19.

Oleh karena itu, ia mengajak para tokoh budaya Betawi untuk ikut aktif melakukan sosialisasi protokol kesehatan seperti gerakan mencuci tangan, penggunaan masker, dan menjaga jarak fisik atau 3M.

"Karena penggunaan masker adalah vaksin terbaik dan perlindungan terbaik kita saat ini," kata Anies saat peluncuran buku Dedengkot Betawi yang dilakukan secara online pada Sabtu, (19/9).

Anies mengatakan bahwa pemprov DKI akan terus meningkatkan upaya pelacakan mereka yang telah terpapar virus Covid-19 dengan menggelar tes swab hingga 55 ribu orang per pekan, atau lima kali lipat lebih tinggi dari standar WHO.

"Jadi mudah-mudahan kita akan bisa siap, karena alhamdulillah di Jakarta saat ini meskipun kasusnya banyak tapi karena kita aktif mencari mereka yang terpapar. Jakarta ini melakukan pengujian lima kali lipat dari yang distandarkan WHO. Mengapa? Karena kita ingin melindungi warga Jakarta. Orang dites supaya ketahuan mereka terpapar atau tidak," ungkapnya.

"Tes di Jakarta bukan untuk pertunjukan. Tapi pengetesan di Jakarta ini untuk mengobati, menemukan masalah bukan untuk pertunjukan. Karena itu, yang dites hanya mereka yang sudah terpapar, kalau si A kena covid-19 maka si A ditanya 14 hari kemarin ketemu siapa saja? Nah, semua orang yang dia temui 14 hari terakhir, itulah yang dipanggil untuk tes," jelasnya.


Sepakat Warga Tak Pakai Masker Didenda, JK: Kalau Hanya Imbauan Tak Akan Jalan

Pandemi Covid-19, Arie Untung: Tak Ada yang Bisa Jamin Bulan Depan Kita Masih Bisa Sombong

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia