logo


Kurikulum Pendidikan Disederhanakan, Mapel Sejarah Bakal Dihapus?

Kemendikbud mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah mengkaji rencana penyederhanaan kurikulum pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia

20 September 2020 13:44 WIB

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud Totok Suprayitno menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menghapus mata pelajaran sejarah dari kurikulum pendidikan Indonesia.

"Kemendikbud mengutamakan sejarah sebagai bagian penting dari keragaman dan kemajemukan serta perjalanan hidup bangsa Indonesia, pada saat ini dan yang akan datang," kata Totok pada Minggu (20/9) dalam keterangan tertulisnya dikutip dari Tempo.co.

Totok mengatakan bahwa Kemendikbud saat ini memang tengah mengkaji rencana untuk menyederhanakan kurikulum pendidikan dengan tujuan memperbaiki mutu pendidikan nasional. Ia menambahkan bahwa rencana penyederhanaan ini memerlukan proses dan pembahasan yang sangat panjang dan saat ini masih berada di dalam tahap awal.


PJJ Dinilai Masih Minus, Muhadjir Sebut Pengelola Pendidikan Harus Berani Melakukan Terobosan

"Rencana penyederhanaan kurikulum masih berada dalam tahap kajian akademis," ucap dia.

Sementara itu, Pengurus Pusat Masyarakat Sejarawan Indonesia (PP-MSI) meminta supaya mata pelajaran sejarah tidak dihapus dari kurikulum. Mereka menilai mata pelajaran sejarah sangat penting dalam pembentukan karakter siswa.

"Dalam hal itu pelajaran sejarah memang sangat menentukan dalam proses pendidikan secara keseluruhan," Ketua Umum Masyarakat Sejarawan Indonesia Hilmar Farid.

Oleh karena itu, Hilmar menegaskan bahwa pelajaran ini harus tetap ada.

"Pelajaran sejarah tetap dipertahankan sebagai pelajaran wajib di sekolah menengah karena merupakan instrumen strategis untuk membentuk identitas dan karakter siswa," lanjutnya.

Mereka meminta rencana penyederhanaan kurikulum juga diimbangi dengan peningkatan kompetensi pengajar.

"Penyederhanaan kurikulum hendaknya dilakukan dengan orientasi peningkatan mutu pelajaran dan disertai peningkatan kompetensi guru," tambahnya.

Berikut Ini Kunci Jawaban Paling Benar Tema 3 Buku Tematik Kelas 5 SD Halaman 84 hingga 88

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia