logo


Vaksin Covid-19 Belum Ditemukan, JK: Saya Sarankan Pilkada 2020 Ditunda Dulu

Menurutnya, keselamatan dan kesehatan masyarakat harus diutamakan pada kondisi pandemi saat ini.

20 September 2020 09:46 WIB

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Wapresri.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) menyarankan Pilkada Serentak ditunda dulu hingga vaksin virus Corona ditemukan. Menurutnya, keselamatan dan kesehatan masyarakat harus diutamakan pada kondisi pandemi saat ini.

"Saya sarankan ditunda dulu sampai beberapa bulan sampai vaksin ditemukan dan vaksin ditemukan nanti langsung menurun itu (penyebaran virus Corona)," kata JK dalam acara donor darah di gedung BPMJ Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (19/9).

Secara terpisah, tuntutan menunda penyelenggaraan Pilkada juga datang dari Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Alasannya, tren kasus Covid-19 di Indonesia masih mengalami peningkatan.


Beri Lampu Kuning ke Para Pengkritik, Luhut: Jangan Terlalu Nyinyir Kalau Enggak Ngerti Masalah!

Wakil Ketua Komite I DPD RI Ir H Djafar Alkatiri menyebut tuntutan itu merupakan keputusan bersama melalui keputusan Komite l dan disepakati di sidang paripurna.

Djafar menyatakan pihaknya tak ingin Pilkada menjadi pemicu timbulnya klaster baru di Indonesia.

"Artinya bahwa ini juga melibatkan 105 juta pemilih, sehingga kekhawatiran kita akan timbul klaster baru, karena setiap TPS 500 orang pemilih," kata Djafar, Senin (14/9).

Kurangi Beban RS Rujukan Covid-19, Menkes Terawan Imbau Daerah Bangun RS Darurat Bila Dibutuhkan

Halaman: 
Penulis : Iskandar