logo


Luhut Minta 8 Provinsi Siapkan Hotel untuk Karantina Pasien Covid-19, Doni Monardo Bilang Begini

Juru bicara Menko Maritim dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan bahwa Menteri Luhut telah meminta 8 provinsi untuk menyiapkan hotel sebagai tempat karantina dan isolasi pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala

18 September 2020 09:45 WIB

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta gubernur di delapan provinsi yang memiliki kasus kasus COVID-19 tertinggi di Indonesia untuk menyiapkan hotel bintang dua atau tiga sebagai fasilitas karantina pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) dan yang mengalami gejala ringan.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Menko Maritim dan Investasi Jodi Mahardi melalui keterangannya dikutip dari Antaranews pada Jumat (18/9).
Jodi mengatakan permintaan Luhut tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi pengendalian COVID-19 secara virtual yang digelar pada Kamis (17/9).

"Pak Menko minta para gubernur untuk meniru langkah yang telah dilakukan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah," kata Jodi.


Pemerintah Siapkan Hotel sebagai Fasilitas Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 Gejala Ringan

Jodi mengatakan bahwa Luhut juga meminta Doni Monardo selaku Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam penyemprotan disinfektan.

"Pak Menko minta Pak Doni untuk menyemprotkan disinfektan ke lokasi-lokasi keramaian setiap hari atau dua hari sekali," katanya.

Guna menekan laju peningkatan kasus Covid-19, Luhut meminta pemerintah, baik di tingkat daerah maupun pusat, untuk kompak dan bersinergi dengan aparat penegak hukum TNI dan Polri.

"Menurut Menko mustahil untuk menurunkan total jumlah penderita COVID sebelum vaksin atau obat COVID ditemukan, tapi kalau kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, TNI dan Polri bisa dilakukan dengan sistematis, maka laju penambahan kasus dapat ditekan," imbuhnya.

Sementara itu Kepala BNPB Doni Monardo menilai fungsi hotel sebagai tempat karantina dapat menjadi solusi dalam mencegah tingginya okupansi ruang perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit.

"Tentang kesiapan hotel saya sudah berkoordinasi dengan daerah, apabila anggaran daerah kurang kami bisa membantu untuk menyediakan, dengan rekomendasi puskesmas setempat," jelasnya.

Target Ekspor Besi-Baja Indonesia 2021 USD 15 M, Luhut: Belum Termasuk Baterai Lithium

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia