logo


Kuota Internet Selalu Boros? Lakukan 6 Cara Sederhana Ini agar Lebih Hemat

Kehabisan kuota internet seakan sudah menjadi masalah yang sering terjadi.

17 September 2020 22:07 WIB

Iphone / Smartphone
Iphone / Smartphone tahupedia.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Siapa yang bisa hidup dan beraktivitas sehari-hari tanpa koneksi internet di zaman yang sudah serba digital seperti ini? Barangkali, tidak ada satupun dari Anda yang dewasa ini mampu untuk hidup dengan tanpa memiliki akses internet setiap harinya. Ya, koneksi internet bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan utama yang tidak bisa dihilangkan oleh masyarakat modern.

Pasalnya, internet tidak hanya sekadar menjadi jembatan untuk menghubungkan setiap penggunanya dengan mudah. Dengan bantuan internet, setiap orang bisa menjadikannya sebagai peluang untuk mendapatkan rezeki dan bekerja. Keperluan yang penting seperti itu membuat internet menjadi hal yang harus didapatkan oleh mayoritas masyarakat masa kini.

Dengan semakin tidak terbendungnya kebutuhan internet, muncul masalah baru yang bisa jadi dirasakan oleh tak sedikit orang saat ini, yaitu kuota internet yang mudah habis. Khususnya bagi pengguna smartphone yang memakai paket data internet, kehabisan kuota internet seakan sudah menjadi masalah yang sering terjadi.


Ponsel Cepat Panas? Atasi dengan 4 Cara Ini

Masalah kehabisan kuota internet ini tentu berisiko membuat pengeluaran bulanan Anda melonjak sangat tinggi. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya, simak 6 cara sederhana menghemat penggunaan kuota internet agar tidak boros berikut ini.

1. Update Sistem dan Aplikasi di Smartphone Hanya dengan Koneksi Wi-Fi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet adalah menggunakan koneksi internet dari Wi-Fi setiap kali akan meng-update sistem atau aplikasi. Seperti yang sudah banyak diketahui, setiap aplikasi yang terpasang dalam smartphone Anda akan diperbarui setiap beberapa minggu sekali.

Tak jarang pula update sistem dan aplikasi tersebut dapat menyedot puluhan, bahkan ratusan megabytes setiap kali melakukan update. Untuk itu, agar kuota internet Anda menjadi lebih hemat, pastikan untuk mengupdate aplikasi dan sistem pada smartphone hanya dengan menggunakan koneksi dari Wi-Fi.

2. Kontrol Penggunaan Kuota Internet

Semua smartphone saat ini sudah cukup canggih untuk mampu membaca seberapa banyak kuota internet yang telah digunakan. Dalam menu “Settings”, Anda biasanya dapat melihat jumlah kuota internet yang telah digunakan dalam kurun waktu sehari, seminggu, hingga satu bulan.

Anda juga dapat menyalakan fitur peringatan pada jumlah data internet yang digunakan agar tidak melebihi batas harian yang bisa Anda atur sendiri. Dengan begitu, penggunaan kuota internet akan menjadi lebih terkontrol dan tidak lagi boros.

Selain aplikasi bawaan, beberapa aplikasi dari provider seperti aplikasi paket internet 3, Telkomsel, Indosat, atau XL sudah memiliki fitur untuk mengetahui jumlah data yang tersedia.

3. Manfaatkan Fitur Data Saver

Bagi yang sering berselancar internet menggunakan browser, seperti Google Chrome, pastikan untuk selalu mengaktifkan fitur Data Saver. Pasalnya, dengan mengaktifkan fitur tersebut, kuota internet yang digunakan untuk menjelajah internet akan menjadi semakin kecil. Jadi, untuk intensitas penggunaan yang sama, Anda dapat menghemat penggunaan kuota internet dengan mengaktifkan fitur Data Saver pada aplikasi browser di smartphone.

4. Matikan Koneksi Internet saat Tidak Dipakai

Cara ini sebenarnya sangat simpel untuk dilakukan. Akan tetapi, faktanya, masih saja banyak orang yang malas untuk melakukan cara ampuh menghemat data internet ini. Bagi yang belum tahu, beberapa aplikasi di smartphone dapat tetap aktif dan menyedot kuota internet meski sedang tidak digunakan.

Anda tentu tidak mau bukan, kuota internet terbuang percuma saat tidak digunakan atau sedang tertidur. Oleh karena itu, pastikan untuk mematikan koneksi internet di smartphone ketika sedang tidak digunakan agar lebih hemat.

5. Hindari Penggunaan Aplikasi Boros Kuota

Beberapa aplikasi memiliki kebutuhan kuota internet dengan jumlah yang berbeda satu sama lain. Contohnya, Instagram tentu membutuhkan kuota internet yang jauh lebih banyak ketimbang Facebook atau Twitter karena kebanyakan berisi gambar dan video. Jadi, agar lebih hemat, kurangi penggunaan aplikasi yang boros kuota tersebut setiap waktu.

Alternatifnya. Anda bisa membeli paket internet unlimited jika berencana ingin menggunakan data dalam jumlah banyak untuk beberapa aplikasi seperti Toutube atau Neflix. Sebagai contoh, paket internet Xl unlimited Turbo yang menyediakan kuota mulai dari 50 ribu Rupiah per aplikasi.

Gunakan Aplikasi Versi ‘Lite’

Masih berkaitan dengan cara sebelumnya, Anda dapat memasang aplikasi sosial media dengan versi ‘Lite’ agar bisa menghemat kuota internet. Beberapa aplikasi sosial media terkemuka, seperti Facebook dan Twitter, telah meluncurkan aplikasi versi lite yang dapat menekan jumlah kuota yang tersedot saat digunakan. Walaupun penggunaan aplikasi menjadi lebih terbatas, namun cara ini bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin kuota internet tidak boros.

Pengeluaran Tidak Lagi Membengkak Karena Kuota Internet yang Boros

Kebanyakan paket data internet yang banyak ditawarkan di Indonesia memiliki batas kuota internet yang bisa dipakai oleh penggunanya. Jika kuota internet tersebut telah habis, mau tidak mau Anda harus membeli paket internet lagi dan menambah angka pengeluaran. Nah, agar kondisi keuangan tidak berantakan karena sering membeli paket internet, tidak ada salahnya untuk melakukan cara di atas agar kuota internet menjadi lebih hemat digunakan.

Apakah Aman Penggunaan Hand Sanitizer pada Ponsel?

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata