logo


Pemkot Surabaya Sediakan Tes Swab Gratis, Dasco: DKI Jakarta Seharusnya Bisa Meniru

Tak hanya itu, daerah-daerah lain juga diharapkan meniru langkah Wali Kota Surabaya dengan syarat telah memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk untuk melakukan PCR swab.

17 September 2020 14:45 WIB

Test Swab
Test Swab istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengapresiasi langkah Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang menyediakan layanan tes swab Covid-19 secara gratis untuk warga Surabaya.

“Saya pikir apa yang dilakukan Wali Kota Surabaya patut kita apresiasi,” ujar Dasco di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Menurutnya layanan tes swab Covid-19 secara gratis ini bisa ditiru oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


Pemkot Surabaya Buka Lab Tes Swab Covid-19, Gratis!

“Jika di Surabaya bisa, seharusnya di Jakarta bisa. Kita akan segera minta direalisasikan di Jakarta bisa seperti itu,” tuturnya.

Tak hanya itu, daerah-daerah lain juga diharapkan meniru langkah Wali Kota Surabaya dengan syarat telah memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk untuk melakukan PCR swab.

“Mungkin apa yg dilakukan oleh Wali Kota Surabaya bisa ditiru oleh daerah lain,” pungkasnya.

Diketahui Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Surabaya melayani tes swab gratis bagi warga Surabaya. Warga Surabaya yang ingin memanfaatkan fasilitas itu harus melewati mekanisme dan persyaratan yang ditetapkan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita mencontohkan, warga yang bisa menjalani tes swab gratis seperti supir atau pengusaha yang telah beraktivitas selama tujuh hari di luar kota.
Sebelum pulang ke rumah, mereka bisa langsung datang ke Labkesda untuk menjalani tes swab.

Sementara itu, warga dari luar Kota Surabaya juga bisa memanfaatkan fasilitas di Labkesda tersebut. Bedanya, mereka harus membayar Rp125.000.

Menkes Sebut Masih Ada 3.500 Dokter Cadangan, DPD RI: Dokter Bukan Stok Barang

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar