logo


Kapal Perang AS Masuk Wilayah Laut Hitam, Rusia Terjunkan Kapal Fregat untuk Buntuti

Rusia mengatakan bahwa AS telah meningkatkan "kehadiran" mereka di wilayah perairan Laut Hitam dan Baltik beberapa hari belakangan ini

17 September 2020 13:15 WIB

Ilustrasi Kapal Induk
Ilustrasi Kapal Induk Military.com

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Armada Laut Hitam Rusia saat ini tengah melakukan pelacakan terhadap adanya pergerakan USS Franklin D. Roosevelt (DDG-80), setelah kapal induk Amerika Serikat (AS) itu memasuki wilayah perairan Laut Hitam pada Selasa (16/9).

"Kapal fregat (Rusia) Admiral Essen mengikuti pergerakan kapal perang AS," kata juru bicara Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Rusia (NDCC) dalam pernyataan seperti dikutip kantor berita TASS pada Kamis (17/9).

Armada Angkatan Laut Ke-6 AS tersebut pada Selasa (16/9) mengatakan bahwa USS Roosevelt telah memulai transit mereka ke wilayah Utara, ke Laut Hitam dari perairan Mediterania "untuk memulai operasi maritim rutin".


Pejabat Kesehatan AS Sebut Vaksin Tersedia Tahun 2021, Trump: Dia Sedang Bingung

"Armada Ke-6 secara rutin beroperasi di Laut Hitam untuk mendukung sekutu dan mitra kami di wilayah tersebut," kata Armada Ke-6 AS dalam akun Twitternya.

Sebelumnya, pihak Pertahanan Rusia tersebut pada Senin juga melaporkan bahwa pasukan Armada Baltik Rusia juga telah melacak adanya pergerakan kapal perusak AS yang memiliki peluru kendali, USS Ross, dimana kapal tersebut telah memasuki Laut Baltik.

Makin Panas, Dua Pesawat Anti Kapal Selam China Terbang di Lepas Pantai Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia