logo


Makin Panas, Dua Pesawat Anti Kapal Selam China Terbang di Lepas Pantai Taiwan

Peristiwa tersebut terjadi satu hari sebelum perwakilan diplomatik AS dijadwalkan tiba di Taipei pada Kamis (17/9) ini

17 September 2020 12:46 WIB

Pesawat tempur milik Rusia
Pesawat tempur milik Rusia Al Jazeera

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertahanan Taiwan pada Kamis (17/9) mengatakan bahwa dua pesawat anti-kapal selam (anti-submarine aircraft) China terbang memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada Rabu (16/9) dan diperingatkan untuk pergi oleh angkatan udara Taiwan, satu hari sebelum seorang pejabat senior AS akan datang ke Taipei.

Taiwan sebenarnya telah berulang kali mengeluhkan soal peningkatan aktivitas militer China di wilayah udara dan perairan di sekitar perbatasan kedua negara. Taiwan melihatnya sebagai bagian dari upaya Beijing untuk membuat mereka menerima kedaulatan China.

Pekan lalu, Taiwan mengatakan China telah menggelar latihan besar-besaran selama dua hari di lepas pantai barat daya mereka, diantara Taiwan dan Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan. China menyebut latihan militer itu merupakan "tindakan yang diperlukan" untuk melindungi kedaulatan mereka.


WTO Sebut AS Langgar Aturan Dagang Global, Trump Kalah Perang Dagang dengan China?

Dilansir dari Reuters pada Kamis (17/9), Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan dua pesawat anti-kapal selam China terbang di wilayah udara di sebelah barat daya Taiwam, dan diberi peringatan verbal melalui radio untuk segera pergi menjauh dari wilayah Taiwan.

Kementerian Pertahanan juga mengatakan bahwa Angkatan udara Taiwan juga melakukan pemantauan terhadap dua pesawat China tersebut.

Pengumuman itu datang pada hari yang sama saat Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Ekonomi Keith Krach akan segera tiba di Taiwan. Kunjungan perwakilan AS tersebut kemungkinan akan semakin membuat Beijing marah.

Selama ini, China sendiri berulang kali menegaskan bahwa mereka mengecam dukungan Amerika Serikat untuk pulau demokrasi itu.

Saat Menteri Kesehatan AS Alex Azar berkunjung ke Taiwan pada bulan lalu, sejumlah jet angkatan udara China bahkan berupaya memasuki garis tengah Selat Taiwan namun berhasil dilacak oleh rudal Taiwan dan dihalau.

Pejabat Kesehatan AS Sebut Vaksin Tersedia Tahun 2021, Trump: Dia Sedang Bingung

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia