logo


Belum Serahkan Berkas Pengunduran Diri dari DPRD, Pasangan Gibran Lolos Jadi Calon WaWalkot Solo?

Ada empat berkas yang belum diserahkan Teguh Prakosa di hari terakkhir tahap perbaikan syarat calon kepala daerah

17 September 2020 06:45 WIB

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa
Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Nurul Sutarti mengatakan bahwa pasangan Gibran Rakabuming Raka, Teguh Prakosa belum menyerahkan surat pengunduran diri dari DPRD Solo di hari terakhir tahap perbaikan syarat calon pimpinan daerah. Meski demikian, Nurul mengatakan Teguh Prakosa tatap bisa berpeluang lolos menjadi calon Wakil Walikota Solo.

"Karena memang kondisi khusus Pak Teguh sebagai anggota DPRD. Kalau syarat lainnya sudah lengkap, dia tetap bisa ditetapkan sebagai calon wakil wali kota," kata Nurul seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (16/9/2020).

Nurul menjelaskan berkas yang belum dikumpulkan Teguh Prakosa yaitu surat pengunduran diri dari anggota DPRD Solo, berkas tanda terima dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan surat keterangan dari Gubernur Ganjar yang menyatakan SK pemberhentian Teguh masih dalam proses.


Sindir Etika Ahok, PDIP Sebut Persoalan Pertamina Harusnya Disampaikan di RUPS Bukan Melalui YouTube

"Tiga surat ini harus diterima KPU paling lambat lima hari setelah penetapan. Tapi untuk SK pemberhentiannya bisa sampai 30 hari sebelum pemungutan suara," lanjutnya.

Sementara, kata Nurul berkas-berkas pasangan Bajo (Bagyo Wahyono-FX Supardjo) telah lengkap dan dinyatakan memenuhi syarat.

Andre Rosiade Minta Ahok Dicopot, PDIP: Tentang Organ Perusahaan, Dilarang Ikut Campur!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati