logo


Kasus Covid-19 Turun, Melbourne Siap Longgarkan PSBB

Pemerintah negara bagian Voctoria mengatakan bahwa kasus Covid-19 di Melbourne dalam kurun waktu dua pekan terakhir ini mengalami penurunan

16 September 2020 13:45 WIB

Lockdown
Lockdown The New Daily

CANBERRA, JITUNEWS.COM - Salah satu negara bagian Australia, Victoria, pada Rabu (16/9) mengatakan bahwa laju peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Melbourne semakin menurun sehingga kebijakan PSBB yang diberlakukan di kota tersebut dapat dilonggarkan pada akhir bulan ini.

"Kami telah berhasil menurunkan jumlah kasus (Covid-19) hingga mencapai jumlah yang rendah di kawasan Victoria," kata Gubernur Victoria Daniel Andrews pada Selasa (15/9).

Otoritas kesehatan setempat mengatakan bahwa dalam dua pekan terakhir, jumlah tambahan kasus Covid-19 harian di kota Melbourne turun dibawah angka 50 sehingga sejumlah aturan pembatasan sosial dapat segera dilonggarkan.


Mantan Karyawan Ungkap Facebook Gagal Hentikan Manipulasi Politik

Dengan penurunan tersebut, sejumlah fasilitas publik seperti pabrik, gudang dan tempat penitipan anak segera diijinkan untuk kembali dibuka, dimana hal itu membuat lebih dari 100 ribu pekerja dapat kembali beraktifitas seperti biasanya. Sebagai catatan, kondisi tersebut dapat terjadi jika tren penurunan kasus tersebut tidak berubah selama 14 hari ke depan.

Untuk saat ini, masyarakat Melbourne tidak boleh bepergian lebih dari 5 kilometer dari rumahnya dan hanya diperbolehkan berada di luar ruangan maksimal dua jam sehari untuk berolahraga. Aturan jam malam juga masih diberlakukan mulai pukul 9 malam hingga 5 pagi.

Untuk diketahui, aturan lockdown atau PSBB di kota terbesar kedua di Australia tersebut baru akan berakhir pada 28 September mendatang.

WTO Sebut AS Langgar Aturan Dagang Global, Trump Kalah Perang Dagang dengan China?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia