logo


Trump Sebut Vaksin Covid-19 Akan Segera Siap dalam Waktu Tiga Pekan

Presiden AS Donald Trump menyatakan bahwa vaksin Covid-19 untuk AS akan segera siap dalam waktu kurang dari satu bulan

16 September 2020 10:45 WIB

Donald Trump
Donald Trump NDTV

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden AS Donald Trump pada Selasa (15/9) mengatakan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat AS akan segera siap dalam waktu kurang dari satu bulan. Hal tersebut ia sampaikan melalui pidatonya dalam sebuah konferensi pers yang digelar oleh ABC News di Philadelphia.

"Kita sebentar lagi akan memiliki sebuah vaksin (Covid-19)," kata Trump dikutip dari Channel News Asia pada Rabu (16/9).

Ia bahkan mengatakan bahwa vaksin tersebut akan siap dalam waktu 3 atau 4 pekan.


Dubes AS Jadi Target Serangan Iran, Trump Ancam Serang Balik 1000 Kali Lebih Dashyat

"Jika anda ingin tahu yang sebenarnya, pemerintahan sebelumnya mungkin perlu waktu satu tahun untuk mendapatkan vaksin karena (terhambat regulasi) FDA. Namun (era pemerintahan) kami, dalam hitungan pekan akan mendapatkannya...mungkin tiga atau empat pekan," tambah Trump.

Sebelumnya, dalam sebuah program siaran Radio, pembawa acara melontarkan pertanyaan kepada Trump "Apakah vaksin Covid-19 tersedia lebih cepat dari 3 November?"

Trump menjawab: "Saya pikir di beberapa kasus, kemungkinan sekitar waktu-waktu itu," kata Trump dalam siaran radio tersebut.

Sementara itu, pakar penyakit menular AS Dr Anthony Fauci menegaskan bahwa vaksin Covid-19 yang aman dan efektif dalam melawan virus Covid-19 kemungkinan tersedia paling cepat pada awal tahun 2021 atau pertengahan tahun depan.

"Saya percaya, dalam periode waktu tahun 2021, masyarakat Amerika Serikat akan mendapatkan vaksin (Covid-19) ini," kata Fauci pada Jumat (31/7), dikutip dari Al Jazeera.

Donald Trump Sebut Rusia Ingin Joe Biden Menangi Pilpres AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia