logo


Diminta Arteria Tak Kritisi DPR, Ini Kata Komnas HAM

Arteria Dahlan meminta Komnas HAM untuk tidak mengganggu kewenangan DPR.

15 September 2020 21:45 WIB

Gedung Komnas HAM.
Gedung Komnas HAM. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi III Fraksi PDIP, Arteria Dahlan, meminta Komnas HAM untuk tidak mengkritisi DPR.

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, mengatakan bahwa dalam Pasal 89 UU 39 Tahun 1999, Komnas HAM memiliki mandat memberikan saran terkait proses pembentukan dan pencabutan Undang Undang.

"Mungkin perlu kami klarifikasi Pak di dalam Pasal 89 UU 39 1999 ada subkomisi pengkajian dan penelitian di Komnas HAM. Itu memang salah satu mandatnya Pak memberikan saran terhadap aksesi dan ratifikasi instrumen transnasional terkait HAM yang kita rekomendasi berdasarkan kajian mengenai pembentukan perubahan dan pencabutan perundang-undangan yang terkait HAM," kata Taufan dalam rapat Komisi III bersama Komnas HAM di MPR/DPR RI, Selasa (15/9).


Kadernya Disebut Cucu PKI, PDIP: Jangan Goreng-menggoreng yang Menciptakan Panas

Taufan memberikan contoh undang undang yang pernah diberi rekomendasi oleh Komnas HAM.

"Makanya ada masukan kami terhadap Perpres terorisme misalnya terhadap RKUHP juga dulu. Ada banyak yang kami sama pandangannya bahkan untuk kasus misal hukuman mati meskipun secara prinsip Komnas HAM belum bisa menerima tapi ini adalah satu titik yang merupakan kemajuan karena kita tidak langsung segera melakukan hukuman mati karena masih ada mekanisme observasi dan lainnya," jelas Taufan.

DPR Meminta MK Tolak JR RCTI Terkait UU Penyiaran

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata