logo


Dubes AS Jadi Target Serangan Iran, Trump Ancam Serang Balik 1000 Kali Lebih Dashyat

Hubungan kedua negara semakin memanas usai kematian Qasem Solemani pada Januari lalu. Terbaru, sebuah laporan intelijen menyebut bahwa Iran sedang menyiapkan rencana pembunuhan seorang Dubes AS. Hal tersebut membuat Trump berang

15 September 2020 20:50 WIB

reuters

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Situasi hubungan Iran-AS kembali memanas usai adanya laporan intelijen yang menyebut bahwa Iran saat ini tengah menyusun rencana pembunuhan seorang dubes AS untuk membalas kematian Qasem Solemani, seorang petinggi militer Iran yang tewas dalam serangan drone AS pada bulan Januari lalu.

Mengetahui rencana tersebut, Presiden AS Donald Trump tak tinggal diam. Melalui cuitan akun Twitternya, Trump mengancam akan menyerang Iran jika rencana tersebut benar-benar dilakukan.

"Semua serangan yang dilancarkan oleh Iran, apapun bentuknya, terhadap AS akan dibalas dengan serangan yang 1000 kali lebih dahsyat," ujar Trump pada Selasa (15/9).


Hadapi Ancaman Normalisasi Hubungan Israel, Kelompok Militan Palestina Bersatu

Menanggapi pernyataan Trump tersebut, juru bicara pemerintah Iran Ali Rabei memperingatkan kepada Trump untuk tidak membuat kesalahan besar.

"Kami harap mereka tidak membuat sebuah kesalahan stategis baru ataupun kesalahan strategis lainnya, atau mereka akan menyaksikan respon tegas dari Iran," katanya dalam sebuah konferensi pers pada Selasa (15/9).

Ia mengatakan bahwa respon Trump terhadap laporan intelijen tersebut hanya akan mengganggu ketenangan di kawasan Timur Tengah dan dunia. Ia juga meminta Trump untuk lebih fokus pada pilpres AS yang akan digelar pada awal November mendatang.

Hubungan Iran-AS sendiri mulai memburuk usai Jenderal Qasem Solemani, salah satu tokoh berpengaruh di Iran, tewas di dalam mobilnya saat terjadinya serangan drone di Baghdad, Irak, pada Januari lalu. Serangan tersebut diinisiasi oleh Presiden AS Donald Trump.

Dianggap Produk Hasil Kerja Paksa Muslim Uighur, AS Blokir Komoditas Impor dari Xinjiang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia