logo


Dibilang Kutu Loncat, Ruhut Sitompul: Saya Kadang Suka Sedih

Ruhut menjelaskan kutu loncat itu, dia yang pindah ke partai lain meninggalkan kapal yang mau karam, bahkan kapal karam.

15 September 2020 15:58 WIB

Ruhut Sitompul.
Ruhut Sitompul. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politisi PDIP Ruhut Sitompul angkat bicara soal sebutan ‘kutu loncat’ yang disematkan kepada dirinya karena beberapa kali berpindah partai politik. Ia mengaku sedih setiap menerima tudingan itu.

Sebelum di PDIP, Ruhut sempat bergabung di dua partai besar, seperti Golkar dan Demokrat.

Ruhut mengaku sudah lama berkecimpung di Partai Golkar yang berdiri di era Orde Baru tersebut. Ia menampik tuduhan yang menyebut dirinya akan meninggalkan partai yang tengah terperosok.


Tanggapi Kritikan Tajam Mahfud ke Anies Soal PSBB, PDIP: Tidak Usah Dibuat Serem!

"Saya lama di Golkar. Why saya tinggalkan Golkar? Ini kan semua ada cerita. Saya kadang-kadang suka sedih kalau orang bilang, ah Ruhut kutu loncat," ujar Ruhut dalam program NGOMPOL (Ngomongin Politik) yang ditayangkan di kanal YouTube JPNN.com, Minggu (13/9).

"Kutu loncat itu, dia pindah ke partai lain meninggalkan kapal yang mau karam, bahkan kapal karam. Tapi Ruhut Poltak Sitompul meninggalkan Golkar, Golkar menjadi partai pemenang," lanjutnya.

Ruhut lantas berlabuh ke Partai Demokrat setelah meninggalkan Golkar. Ia bergabung saat SBY sudah menjabat presiden.

"Pak SBY periode pertama saya bukan tim suksesnya. Saya masih mendukung Ibu Megawati Soekarnoputri diajak Pak Akbar Tanjung. Nah, waktu saya di dalam, saya ingat mereka bilang, 'Abang ingat Bang, periode pertama Abang gak ikut sama kita'. Oh iya," terang Ruhut.

Menanggapi hal itu, Ruhut menjelaskan saat periode partama SBY jadi presiden, Partai Demokrat berada di urutan kelima parpol di Indonesia, dan hanya punya 50-an orang di DPR RI.

Meski merapat di tengah jalan, Ruhut bertekad untuk menjadikan partai besutan SBY itu sebagai partai besar.

"Nanti lihatlah di perjalanan, akan aku bikin partai ini jadi partai nomor satu. Dan aku juga enggak hebat, itu semua karena Tuhan," tandas Ruhut.

Ahok Kalah di Pilgub 2017, Ruhut Sitompul Ungkap Alasan Tak 'Potong Kuping'

Halaman: 
Penulis : Iskandar