logo


Temukan Alien di Venus, Ilmuwan: Saya Terkejut dan Tercengang

Tim peneliti internasional menemukan adanya bukti gas phosphine di Planet Venus. Gas tersebut dibentuk oleh mikrobakteri

15 September 2020 13:15 WIB

Venus dan Alien
Venus dan Alien Daily Express

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Para peneliti, pada Senin (14/9) berhasil mendeteksi adanya potensi kehidupan makhluk asing di luar Planet Bumi usai menemukan bahwa awan yang ada di Planet Venus terbentuk dari gas yang dikenal dengan phosphine.

Meski belum berhasil menemukan bukti adanya bentuk kehidupan di planet terpanas di tata surya tersebut, namun para peneliti mencatat bahwa gas phosphine yang juga ada Bumi dihasilkan dari sejumlah mikroba yang berkembang di lingkungan yang minim oksigen.

Tim peneliti internasional tersebut pertama kali melihat adanya kandungan gas phosphine di Venus tersebut dengan menggunakan teleskop James Clerk Maxwell di Hawaii dan mengkonfirmasinya kebenarannya setelah melakukan pengamatan dengan menggunakan teleskop radio Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) di Chile.


Inilah 3 Ilmuwan Paling Jenius di Dunia One Piece, Siapa Saja?

"Saya terkejut dan tercengang," kata Jane Greaves, salah satu pakar astonomi dari Universitas Cardiff di Wales, dikutip dari Reuters pada Selasa (15/9).

Eksistensi kehidupan di luar angkasa merupakan sebuah pertanyaan dan misteri yang belum pernah dipecahkan oleh ilmu pengetahuan manusia. Para peneliti sendiri juga telah mengerahkan upaya mereka dalam mencari tahu mengenai hal tersebut, baik dengan melakukan misi perjalanan luar angkasa maupun pengamatan dengan teleskop super canggih.

"Dengan apa yang baru saja kita ketahui tentang Venus, penjelasan yang paling masuk akal dari adanya (gas) phosphine....adalah kehidupan," kata Clara Sousa Silva, pakar luar angkasa yang bekerja di Institut of Massachusetts.

"Ini adalah hal yang sangat penting karena, jika itu benar-benar phosphine, dan benar-benar ada kehidupan, itu berarti kita tidak sendiri alam semesta....dan pastinya ada makhluk (asing) yang tinggal di planet-planet di seluruh galaksi," tambahnya.

Cuaca Buruk, NASA Tunda Peluncuran Roket SpaceX

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia