logo


Pemerintah Siapkan Hotel sebagai Fasilitas Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 Gejala Ringan

Pemerintah telah bekerja sama dengan sejumlah pihak pengelola hotel di Indonesia dalam penyediaan fasilitas isolasi mandiri pasien Covid-19

15 September 2020 09:44 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah mempersiapkan tambahan fasilitas untuk digunakan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 yang mengalami gejala ringan atau tanpa gejala. Hal tersebut perlu dilakukan untuk memisahkan mereka dengan orang lain termasuk anggota keluarganya guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

Untuk itu, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan menyiapkan sejumlah hotel di wilayah yang nantinya akan dijadikan tempat isolasi mandiri.

"Ada 15 hotel bintang dua dan bintang tiga di Jakarta dengan kapasitas 3.000. Kami telah kerja sama dengan grup-grup hotel yang ada," kata Jokowi saat menyampaikan pengantar rapat terbatas, Senin, (14/9) melalui saluran YouTube, Sekretariat Presiden.


Tegaskan Konsultasi dengan Pusat Soal PSBB, Anies: Spekulasi di Luar Selisihnya Agak Jauh

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah manajemen hotel yang ada, beberapa di antaranya adalah grup hotel Accor, termasuk Novotel dan Ibis; Tauzia, serta Harris.

"Jumlah hotel ini dapat ditambah 15 sampai 30 hotel jika diperlukan," kata Terawan.

Terawan juga menjelaskan bahwa manajemen hotel tersebut nantinya juga akan membantu fasilitas isolasi pasien untuk wilayah di luar Jakarta. Selain itu, Wisma ATlet Kemayoran juga disiapkan untuk menjadi fasilitas isolasi pasien Covid-19 yang memiliki gejala ringan.

"Itu disiapkan dua tower. Tower 6 terdapat tempat tidur sebanyak 1.746 sudah terisi 888. Sedangkan tower 7 terdapat 2.472 tempat tidur, baru terisi 749," katanya.

"Tower 4 ada 2.472 tempat tidur, ini belum terisi. Sedangkan Tower 5 terdapat 2.472 tempat tidur, baru terisi 81," jelasnya.

Tanggapi Kritikan Tajam Mahfud ke Anies Soal PSBB, PDIP: Tidak Usah Dibuat Serem!

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia