logo


Ubah Seragam Satpam Mirip Polisi, Polri: Memuliakan Profesi Satpam

Kapolri menginstruksikan penggantian seragam satpam menjadi warna cokelat disertai pangkatnya

15 September 2020 06:30 WIB

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono mengatakan bahwa Kapolri Jenderal Idham Azis telah menginstruksikan penggantian seragam satpam dari putih pada pagi hari dan biru tua pada malam hari menjadi berwarna cokelat. Penggantian warna seragam akan disertai dengan pemberian pangkat.

"Ada perubahan warna seragam satpam. Jadi ada lima jenis pakaian dinas anggota satpam disertai dengan pangkatnya," kata Awi kepada wartawan di Mabes Plri, Jakarta, Senin (14/9/2020).

Penggantian warna seragam satpam dituangkan dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesa Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengaman swakarsa.


Simak! Ini Posisi-Posisi Penting yang Sering Dijabat Seorang Jenderal Bintang 3!

"Filosofi seragam satpam yang berwarna cokelat muda (baju) dan cokelat tua (celana) dengan makna identik dengan warna tanah,kayu, dan batu yang berarti warna alami," ujarnya.

Lebih lanjut, Awi mengatakan bahwa penggantian seragam satpam yang mirip dengan seragam polisi tersebut dilakukan sebagai bentuk memuliakan profesi satpam. Selain itu juga menambah kedekatan emosional satpam dengan polisi.

"Memuliakan profesi satpam dan menambah penggelaran fungsi kepolisian ditengah-tengah masyarakat," pungkasnya

Polisi Tangkap Pemasok Sabu Sebelum Gerebek Nunung

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati