logo


Pemerintah Pusat dan Daerah Diminta Bersinergi dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Puan meminta pemerintah pusat dan daerah bersinergi serta konsisten menjalankan kebijakan yang mengutamakan keselamatan masyarakat.

14 September 2020 20:52 WIB

Ketua DPR RI, Puan Maharani
Ketua DPR RI, Puan Maharani Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah untuk menguatkan usaha menangani pandemi Covid-19 yang kasusnya meningkat di sejumlah daerah.

Puan meminta pemerintah pusat dan daerah bersinergi serta konsisten menjalankan kebijakan yang mengutamakan keselamatan masyarakat.

“Masyarakat menaruh harapan besar pada pemerintah untuk dapat mengendalikan dan menangani pandemi ini,” kata Puan, Senin (14/9/2020).


Menghentikan Covid-19: Indonesia Berpacu dengan Waktu

“Pemerintah pusat dan daerah harus berkoordinasi, bersinergi, dan konsisten dalam pelaksanaan kebijakan,” sambungnya.

Ketua DPP PDI Perjuangan itu menegaskan, pemerintah pusat dan daerah harus mengambil kebijakan penanganan pandemi Covid-19 berdasarkan data akurat. Semua masukan juga harus didengarkan dan menjadi bahan kajian sebelum kebijakan itu ditetapkan lalu dilaksanakan.

“Ambil kebijakan yang berbasis data, dengarkan masukan berbagai pihak,” ungkapnya.

Puan juga berharap tidak ada pihak yang memanfaatkan keadaan, menggunakan kesulitan akibat pandemi Covid-19 untuk tujuan politik tertentu.

Karena menurut Puan, salah satu kunci melalui masa sulit akibat pandemi ini adalah kerja semua elemen, bergotong royong berskala besar untuk saling membantu meringankan beban.

“Hadirkan politik dengan wajah kemanusiaan, jangan politisasi keadaan,” ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI tersebut.

Puan menyampaikan, kebijakan yang ditetapkan pemerintah perlu dukungan masyarakat dalam pelaksanaannya, seperti pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau lainnya.

Maka dari itu, pemerintah harus tegas menegakkan aturan dalam semua kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jangan sia-siakan pengorbanan masyarakat yang sudah berdiam diri di rumah untuk menjaga diri. Kita harus terus disiplin pakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak fisik. Insya allah dengan kerja bersama, maka Indonesia akan bisa melewati tantangan ini, amin,” tukasnya.

Pakar Kesehatan AS Sebut Kondisi Normal Tidak Akan Terjadi Hingga Pertengahan Tahun 2021

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar