logo


Laporan Intelijen Sebut Iran Susun Rencana Pembunuhan Dubes AS untuk Balas Kematian Solemani

Iran dikabarkan tengah menyiapkan rencana pembunuhan terhadap seorang dubes AS sebagai aksi balasan atas tewasnya Jenderal Qasem Solemani

14 September 2020 14:45 WIB

Tempo.co

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Sebuah laporan intelijen menyebut bahwa Iran tengah menyusun rencana penyerangan dan pembunuhan terhadap seorang dubes AS untuk Afrika Selatan sebagai tindakan balasan atas tewasnya Jenderal Qasem Solemani dari serangan drone AS pada Januari 2020 lalu.

Rencana yang telah dibocorkan oleh salah satu intelijen kepada kantor berita Politico tersebut tentunya akan meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

"Para pejabat AS telah waspada adanya ancaman kepada dubes Lana Marks sejak musim semi lalu," demikian kutipan laporan Politico dari seorang intelijen anonim dilansir dari Sputniknews pada Senin (14/9).


12 Warganya Ditangkap China, Pemerintah Hong Kong: Tidak Akan Mengintervensinya

Agen intelijen tersebut menambahkan bahwa rencana pembunuhan dubes AS tersebut melibatkan kedutaan besar Iran di Afrika Selatan. Lana Marks sendiri dikabarkan telah mengetahui rencana tersebut.

Sumber intelijen tersebut tidak mengetahui mengapa Lana Marks menjadi target penyerangan Iran mengingat Dubes AS untuk Afrika Selatan tersebut tidak ada kaitannya dengan pembunuhan Solemani. Ia memperkirakan bahwa Lana Marks lebih mudah untuk menjadi target serangan daripada diplomat AS lainnya.

Tewasnya Solemani dalam sebuah serangan drone AS diketahui telah melecut amarah Iran. Iran sendiri bahkan meminta Donald Trump untuk diadili atas kasus tersebut.

ByteDance Tak Akan Jual TikTok kepada Microsoft

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia