logo


Pakar Kesehatan AS Sebut Kondisi Normal Tidak Akan Terjadi Hingga Pertengahan Tahun 2021

Dr Anthony Fauci menyatakan bahwa kondisi kehidupan normal tidak akan kembali sebelum pertengahan tahun 2021 mendatang

14 September 2020 13:15 WIB

Dr. Anthony Fauci
Dr. Anthony Fauci istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Salah satu pakar penyakit menular terkemuka AS, Dr Anthony Fauci memprediksi bahwa kehidupan normal di AS tidak akan kembali normal seperti sebelum terjadinya wabah Covid-19 hingga pertengahan tahun 2021 mendatang.

"Jika anda membicarakan mengenai kehidupan normal, seperti (keadaan) kita sebelum Covid-19, itu akan terjadi pada tahun 2021, atau kemungkinan pada akhir 2021," kata Fauci dikutip dari ABC News pada Senin (14/9).

Ia menjelaskan bahwa kehidupan normal akan kembali jika vaksin Covid-19 telah berhasil ditemukan. Fauci meyakini bahwa vaksin Covid-19 yang efektif dan aman dalam melawan virus Sars-Cov-2 akan tersedia pada awal tahun 2021 mendatang.


Terapkan Aturan PSBB Proporsional, Kota Depok Berlakukan Jam Malam

"Saya percaya bahwa kita akan memiliki vaksin yang akan tersedia pada akhir tahun ini, atau awal tahun depan," tambahnya.

Sebelumnya, presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa ia sebenarnya telah mengetahui bahaya dan dampak dari wabah Covid-19. Namun, ia sengaja tidak membesar-besarkan hal tersebut agar tidak menimbulkan kepanikan.

"Ketika anda meremehkan sesuatu yang sangat mengancam, itu bukan hal yang bagus," ujar Fauci menanggapi pernyataan Trump tersebut.

Melalui pernyataan tersebut, Fauci juga menolak klaim Trump yang menyebut bahwa vaksin Covid-19 akan dibagikan kepada rakyat Amerika menjelang pilpres AS pada 3 November mendatang.

Jakarta PSBB Total, Ganjar Tak Akan Blokir Warga yang Pulang Kampung ke Jateng

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia