logo


Jadi Orang Terkaya di RI, Ini Sumber Kekayaan Bos Djarum Hartono Bersaudara

Keluarga Hartono menjadi orang terkaya nomor satu selama sebelas tahun berturut-turut versi Forbes

14 September 2020 09:30 WIB

ilustarsi orang kaya
ilustarsi orang kaya istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memiliki banyak kerajaan bisnis, keluarga Hartono menjadi orang yang paling kaya di RI. Bahkan menempati urutan pertama terkaya di RI selama 11 tahun berturut-turut versi Forbes.

Berdasarkan Forbes, kekayaan kakak-beradik Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono ditaksir mencapai 522,2 triliun pada tahun 2019. Angka tersebut mengalami kenaikan 5 persen dari tahun sebelumnya yaitu 497 triliun pada tahun 2018.

Kekayaan Hartono bersaudara berawal dari bisnis rokok yang dimulai oleh sang ayah, Oei Wie Gwan. Pada tahun 1950, Oei Wie Gwan mengakusisi perusahaan rokok Indonesia yang tengah bangkrut kemudian diberi nama Djarum. Perusahaan Djarum terus berkembang pesat dan menjadi perusahaan rokok nomor satu di Indonesia.


Juarai Trofeo Bhayangkara 2017, Arema : Pertandingan Sesuai Dengan Harapan

Hartono bersaudara juga menguasai mayoritas saham PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Kekayaan Hartono bersaudara semakin meningkat seiring dengan bertambahnya harga saham BCA.

Tak hanya bisnis perbankan, Bos Djarum Group ini juga membawahi banyak bisnis. Bisnis tersebut antara lain bisnis dibidang elektronik (Polytron), perkebunan (HPI Agro), rumah studio produksi (Visinema Pictures), perdagangan elektronik (Blibli.com), media komunikasi (Djarum Media dengan nama Mola TV dan Super Soccer TV), agen perjalanan daring (Tiker.com), kopi (Sumber Kopi Prima dengan merek Delizio Caffino), dan usaha dibidang makanan dan minuman (Savorita dengan merek Yuzu).

Yuk, Ikutan Kuis Silver Queen Share Your Love!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati