logo


Jakarta Lockdown Lagi, Jabar Segera Menyesuaikan

Ridwan Kamil mengatakan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Mikro yang diberlakukan di Jawa Barat telah efektif mencegah peningkatan jumlah kasus Covid-19

13 September 2020 14:20 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kompas.com

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat terkait keputusan final diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar secara total di wilayah DKI Jakarta.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan penyesuaian dan akan membahasnya dengan kepala daerah dari sejumlah wilayah penyangga DKI Jakarta, seperti Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

“Jangan sampai melakukan kebijakan, baru berkoordinasi,” kata Ridwan pada Sabtu (12/9) dalam siaran persnya.


Menghentikan Covid-19: Indonesia Berpacu dengan Waktu

Ridwan Kamil mengatakan bahwa 70 persen kasus Covid-19 di Jawa Barat terjadi di beberapa wilayah kota dan kabupaten yang berbatasan dengan DKI Jakarta. Namun, ia menyatakan bahwa penyesuaian tersebut tidak berarti pihaknya juga akan ikut memberlakukan PSBB Total seperti DKI Jakarta.

“Jawa Barat sudah melakukan yang namanya Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan itu efektif,” kata Ridwan.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pemberlakukan aturan PSBB Total. Ia menilai konsep PSBB Total yang akan diberlakukan di Jakarta belum jelas. Selain itu, ia juga mempertanyakan kesiapan anggaran pamerintah untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama diberlakukannya PSBB Total.

"Pemerintah pusat siap enggak mengucurkan tambahan bansos? APBD siap enggak? TNI-Polri siap enggak? Kalau enggak siap, enggak usah," kata Bima.

Heboh Ruang Perawatan Covid-19 Jakarta Hampir Penuh, Satgas Covid-19: Nggak Baca Data

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia