logo


Ruhut Sitompul Tuding Anies Penyebab WNI Ditolak 59 Negara, Refly Harun: Dia Tidak Paham Struktur Pemerintahan

Refly Harun menilai yang seharusnya bertanggungjawab terkait WNI ditolak 59 negara adalah Jokowi

12 September 2020 14:16 WIB

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun
Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun Media Indonesia

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politikus PDIP, Ruhut Sitompul menuding Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi penyebab WNI ditolak 59 negara. Pernyataan tersebut dilontarkan karena terdapat 59 negara yang khawatir dengan kasus corona di Indonesia yang sangat tinggi.

Menanggapi hal tersebut, pakar Hukum Tata Negara Refly Harun mengatakan bahwa yang perlu disalahkan terkait WNI ditolak 59 negara adalah Presiden Joko Widodo bukan Anies Baswedan. Menurutnya, yang harus bertanggung jawab terkait  permasalahan yang berhubungan dengan negara adalah Presiden.

"Lucu, saya mendengar pernyataan Ruhut Sitompul yang menuding Anies Baswedan penyebab WNI ditolak 59 negara. Sepertinya dia tidak paham tentang struktur pemerintahan, di mana kalau menyangkut negara yang bertanggung jawab adalah presiden, bukan gubernur," kata Refly dalam channel YouTubenya yang berjudul 'Puluhan Negara Tolak WNI, Ruhut Sitompul: Salah Anies!!' yang diunggah Sabtu (12/9/2020).


PDIP Minta Anies Baswedan Batalkan Rencana PSBB

Refly menilai penolakan WNI terhadap 59 negara disebabkan karena RI tidak serius dalam menangani pandemi corona. Bahkan menurutnya, pemerintah terlalu meremahkan virus corona diawal kemunculannya.

"Presiden dan para menterinya terlalu meremehkan virus Covid-19. Bahkan kalau dilihat ke belakang, Anies Baswedanlah yang sejak awal fokus menghentikan penyebaran Covid-19 tetapi kebijakannya selalu dijegal pusat," lanjutnya.

Said Didu: Anies Baswedan Selalu Dianggap Salah oleh Pusat

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati