logo


Bukan PSBB! Jokowi Sebut PSBM Lebih Efektif Tekan Kasus COVID-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya telah menerapkan PSBM di sejumlah wilayah di Jabar dan dinilai efektif menekan laju penularan COVID-19.

12 September 2020 05:00 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) atau komunitas lebih efektif dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Presiden menekankan, berdasarkan pengalaman empiris dan pendapat ahli sepanjang menangani pandemi COVID-19, Pembatasan Sosial Berskala Mikro/Komunitas lebih efektif menerapkan disiplin protokol kesehatan," ujar Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (12/9).

Sayangnya, Fadjroel tak menerangkan lebih jauh terkait PSBM.


Sebut Jokowi Belum Berhasil Perangi Covid-19, Politikus Demokrat: Makin Tersudut

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya telah menerapkan PSBM di sejumlah wilayah di Jabar. Langkah ini dirasa lebih efektif untuk menekan laju penularan COVID-19.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memutuskan bakal memberlakukan PSBB total pada 14 September 2020.

Pihak Kantor Staf Presiden meminta penerapan PSBB di DKI itu harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan kementerian. Sebab, penerapan PSBB bakal berdampak pada sejumlah sektor.

Soal PSBB, Anies: Jangan Harap Kemudian Setelah 2 Minggu, Selesai.

Halaman: 
Penulis : Iskandar