logo


Amien Rais Gugat UU Corona, PKS: Kerja Tak Kenal Lelah

Amien Rais, Din Syamsuddin, dan penggugat lainnya yang mengajukan gugatan UU Nomor 2 Tahun 2020 ke MK.

11 September 2020 17:20 WIB

pkstv

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera memberikan apresiasi kepada Amien Rais, Din Syamsuddin, dan penggugat lainnya yang mengajukan gugatan UU Nomor 2 Tahun 2020 ke MK.

"Apresiasi atas kerja tak kenal lelah Pak Amien, Pak Din Syamsudin, dan kawan-kawan yang ingin selalu menjaga pemerintah tidak salah langkah," kata Mardani kepada wartawan, Jumat (11/9).

Mardani menilai bahwa UU Nomor 2 Tahun 2020 tidak efektif menjaga perekonomian negara. Menurutnya, UU tersebut berpeluang bertentangan dengan UU lainnya.


Sebut Indonesia Tak Baik-baik Saja, Amien Rais: Sesungguhnya Kita Ini Berada Diambang Krisis

"Isi Perppu Corona memang punya banyak catatan. PKS dalam pandangan akhirnya satu-satunya yang menolak Perppu ini karena berpendapat ada peluang bertentangan dengan UUD dan UU yang lainnya," ucap Mardani.

Ia menyoroti Pasal 27 yang menghilangkan peran legislatif terkait anggaran. Menurutnya, Perppu Corona tersebut tidak efektif menjaga ekonomi Indonesia.

"Menghilangkan peran legislatif membahas anggaran hingga 2022, Pasal 27 yang memberi imunitas bagi pembuat keputusan dan peluang independensi BI yang dapat terkikis," ujar Mardani.

"Melihat kondisi pertumbuhan ekonomi mendekati resesi, rumus dalam Perpu Corona kian terbukti tidak efektif menjaga ekonomi Indonesia," pungkasnya.

Punya Asas yang Sama dengan Partai Baru Amien Rais, PPP Enggan Kasih Saran

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata