logo


Menteri Luar Negeri China dan India Sepakat Tarik Mundur Pasukan dari Wilayah Perbatasan

Menteri luar negeri India dan China sepakat untuk mengakhiri konflik perbatasan

11 September 2020 12:30 WIB

Pasukan India dan China di wilayah perbatasan
Pasukan India dan China di wilayah perbatasan istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri India dan China pada Jumat (11/9) sepakat untuk menarik semua pasukan mereka dari wilayah perbatasan Line of Actual Control, guna menghentikan konflik sengketa wilayah perbatasan yang telah berlangsung selama berbulan-bulan.

"Kedua Menteri Luar Negeri tersebut sepakat bahwa situasi yang belakangan ini terjadi di wilayah perbatasan bukanlah kepentingan kedua belah pihak. Sehingga mereka setuju agar pasukan penjaga wilayah perbatasan kedua negara untuk melanjutkan dialog mereka, segera mungkin menarik pasukan, menjaga jarak dan meredakan ketegangan," kata sebuah pernyataan bersama antara Kemenlu China dan India dikutip dari Al Jazeera pada Jumat (11/9).

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan bahwa pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan India melalui hubungan diplomatik dan militer. Wang Yi juga berkomitmen untuk mengembalikan perdamaian di wilayah perbatasan kedua negara.


Australia Tolak Rencana Afghanistan Bebaskan Tahanan Taliban

Wang Yi menambahkan bahwa semua personel dan peralatan militer yang telah melanggar garis batas LAC harus segera ditarik mundur untuk meredakan situasi.

Trump Sebut Sejumlah Negara Arab Segera 'Berdamai' dengan Israel

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia