logo


Trump Sebut Sejumlah Negara Arab Segera 'Berdamai' dengan Israel

Donald Trump menyebut Arab Saudi menjadi salah satu negara Timur Tengah yang akan mengikuti jejak Uni Emirat Arab untuk menormalisasi hubungan dengan Israel

11 September 2020 11:45 WIB

Presiden Amerika Serikat Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump national Review

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (10/9) mengatakan bahwa sejumlah negara di kawasan Timur Tengah kemungkinan akan mengikuti jejak Uni Emirat Arab untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

"Pekan depan di Gedung Putih, kita akan melihat penandatanganan kesepakatan antara Uni Emirat Arab dan Israel, dan kemungkinan negara lainnya juga akan melakukannya. Dan saya akan memberitahu anda negara-negara mana saja yang ingin melakukannya," kata Trump dalam sebuah konferensi pers yang digelar di Gedung Putih, Kamis (10/9), dikutip dari Reuters pada Jumat (11/9).

Trump, yang sangat berambisi untuk kembali memenangkan pemilu AS, tidak menyebutkan negara Arab mana saja yang kemungkinan akan memulai hubungan diplomatik dengan Israel. Namun, ia memprediksi bahwa Arab Saudi nantinya akan mengikuti langkah Uni Emirat Arab.


Lima Orang Tewas dalam Aksi Protes Kebrutalan Polisi Kolombia

"Anda akan mendengar sejumlah negara lainnya (menormalisasi hubungan dengan Israel) dalam jangka waktu dekat ini, dan perdamaian di Timur Tengah akan terjadi," tambah Trump.

"Saya telah menghubungi Raja Arab Saudi dan membahasnya," lanjut Trump.

Pada bulan Agustus lalu, Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa UEA dan Israel telah sepakat untuk menggelar perjanjian damai dan menjalin hubungan diplomatik.

Kesepakatan damai antara dua negara tersebut mendapat kecaman dari berbagai pihak. Turki dan Iran menganggap kesepakatan damai tersebut adalah pengkhianatan Uni Emirat Arab kepada rakyat Palestina.

Australia Tolak Rencana Afghanistan Bebaskan Tahanan Taliban

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia